Menkeu Tingkatkan Penerimaan Pajak Rp5 T

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah menyatakan siap meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak sebesar Rp5 triliun pada APBN 2012. Dengan kenaikan tersebut maka tax ratio meningkat menjadi sebesar sebesar 12,66 persen dari 12 persen.

"Telah dilakukan upaya bagaimana supaya maksimum," ujar Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, di acara rapat dengan Komisi XI DPR di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 19 September 2011.

Namun, Agus mengakui upaya optimalisasi untuk meningkatkan penerimaan dari sektor pajak itu masih sulit. Menurut dia, kondisi ekonomi global saat ini memang akan berpengaruh pada perekonomian tanah air baik untuk sektor perdagangan, keuangan ataupun investasi.

Pesawat Super Hercules TNI AU yang Sukses Turunkan Bantuan Kemanusiaan Gaza Akan Tiba di Tanah Air

Oleh sebab itu, pihaknya terus melakukan berbagai upaya perbaikan. "Perbaikan di sistem perpajakan, bea cukai, dan lain-lain," imbuhnya.

Agus menambahkan, dalam penentuan kenaikan penerimaan negara dari sektor pajak tersebut memerlukan persetujuan dari presiden. Selain itu juga harus dibicarakan bersama dengan Badan Anggaran DPR. "Keputusannya kami kembalikan ke Komisi XI," tuturnya.

Boyband SMASH.

SMASH Anniversary ke-14 Penampilannya Bikin Kaget Fans, Bisma: Kami Tidak Tenggelam

Boyband SMASH menghebohkan para penggemar di hari jadi mereka yang ke-14 tahun tepat pada 10 April 2024 kemarin. Grup yang beranggotakan Rafael Tan, Bisma Karisma, dll.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024