KEN: Italia Bangkrut, Ekonomi Bisa Chaos

Chairul Tanjung
Sumber :

VIVAnews - Komite Ekonomi Nasional (KEN) mengaku khawatir akan munculnya dampak lebih berat dari penurunan rating surat utang Italia. Alasannya, jika pemerintah Italia tak mampu membayar surat utangnya, dipastikan akan muncul kekacauan ekonomi dunia bahkan sampai mengalami chaos.

"Kalau Italia yang kena itu (gagal bayar), tidak ada satu negarapun termasuk Jerman dan Perancis yang kuat menanggung, berarti akan terjadi chaos yang luar biasa," kata Ketua KEN Chairul Tanjung, di kantor Lemhanas, Jakarta, Rabu, 21 September 2011.

Kondisi ekonomi di wilayah Eropa dan Amerika Serikat diakui Chairul Tanjung semakin terlihat tidak menentu dalam beberapa hari terakhir. "Jujur, saya agak khawatir terhadap situasi Eropa dan AS, apapun pasti akan pengaruhnya ada untuk Indonesia walaupun pengaruhnya tidak akan sehebat, luar biasa itu," kata dia.

Namun, lanjut dia, kondisi yang paling ditakutkan oleh beberapa negara di dunia adalah kekhawatiran kondisi ekonomi Italia yang memburuk sehingga menyebabkan gagal bayar juga.

"Karena Italia itu negara besar, kalau Yunani itu kecil, jika seandainya digabung yang sekarang sudah masuk 'Rumah Sakit' seperti Yunani, Portugal, dan Irlandia, nggak ada sepertiganya Italia," kata Chairul Tanjung yang akrab disapa CT.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Sebagai Ketua KEN, dirinya mengaku telah menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah, terutama kepada Presiden, untuk berhati-hati terhadap situasi ekonomi global yang sedang berkembang saat ini.

"Kita tidak perlu panik dan takut, tapi kita sebaiknya bersiap diri seperti sedia payung sebelum hujan, karena situasinya adalah kalau seandainya Yunani terjadi default gagal bayar maka efeknya akan berkelanjutan," ungkap dia.

Selain itu, KEN mengimbau agar pemerintah Indonesia terus memantau perkembangan terbaru dari kondisi ekonomi di Eropa sembari mempersiapkan antisipasi efek dari krisis itu. (sj)

Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024