2020, Pendapatan Penduduk RI Rp7,5 juta/Bulan

Sumber :

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, menyatakan lebih dari 60 persen masyarakat Indonesia pada tahun 2020 bakal memperoleh pendapatan sebesar Rp7,5 juta per bulan.

Berdasarkan analisis Jepang, lanjutnya, pada tahun 2015 lebih dari 100 juta penduduk Indonesia akan berpendapatan US$3.000 per tahun.

"Ada analisis dari Jepang yang menyebutkan penduduk Indonesia pada 2015 ke atas nanti itu lebih dari 100 juta berpendapatan di atas 3.000 dolar AS," ujar Hatta Rajasa saat ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis 22 September 2011.

Selain itu lembaga riset asal Inggris, Euromonitor, tambahnya, mengatakan pada tahun 2020, pendapatan sekitar 60 persen penduduk Indonesia mencapai Rp7,5 juta per bulan atau US$10 ribu per tahun.

"Pada 2020 diperkirakan Euromonitor, penduduk yang berpendapatan US$6.000 sampai US$10.000 itu 60-an persen atau ada sekitar 8-9 juta rakyat Indonesia yang naik kelas menengah," jelasnya.

Melihat perkiraan tersebut, Hatta mengatakan, pertumbuhan kelas menengah di Indonesia akan sangat cepat. Hal ini akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

"Artinya Indoneisa harus memanfaatkan dan mengefisiensikan tata perdangangan dalam negeri. Kalau terjadi perlambatan pada pertumbuhan AS dan Eropa, yang kena duluan China dan India, lalu ekspor kita terganggu, maka Indonesia harus memanfaat kan pasar domestiknya," jelasnya.

Pemerintah dalam upayanya menyokong hal tersebut, papar Hatta, akan terus berupaya untuk meningkatkan investasi di dalam negeri sehingga industri manufaktur dalam negeri terus bergerak untuk memenuhi kebutuhan domestik dan luar negeri.

"Kita jaga tata niaga agar antar pulau disparitas perdagangan antar pulau terkendali, jangan ada gubernur dan bupati yang memungut biaya-biaya perdagangan dan sebagainya. Kalau itu efisien, maka saya yakin mesin-mesin produksi kita, manufaktur kita akan tetap bekrja walaupun ekspor di negara-negara tertentu terganggu di samping diversikasi usaha kita untuk ekspor," tutupnya.

Lindungi Kesehatan Pekerja, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja
Presiden Iran Ebrahim Raisi

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Presiden Iran, Ebrahim Raisi mengancam Israel dengan konsekuensi 'mengerikan'. Raisi menegaskan, jika Israel mengulangi serangan terhadap Iran, Ia bakal melakukan ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024