Kurangi Kemiskinan, ADB Kucuri RI Rp1,8 T

Prioritas Pengurangan Angka Kemiskinan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) memberikan tambahan bantuan sebesar US$200 juta setara Rp1,8 triliun (kurs Rp9.000 per dolar AS) kepada Indonesia untuk membantu pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan di sejumlah daerah.

Dalam keterangan tertulis yang diperoleh VIVAnews.com, Selasa, 4 Oktober 2011, disebutkan perjanjian pinjaman selama 15 tahun itu merupakan tahap kedua dari program reformasi tata kelola dan keuangan pemerintah daerah. Program ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dari pemerintah daerah seiring upaya desentralisasi pemerintah.

"Sejak 2011, pemerintah pusat telah melimpahkan fungsi pengaturan belanja dan pendapatan ke pemerintah daerah yang kini bertanggungjawab dalam pemenuhan pelayanan mendasar bagi masyarakat," kata Senior Public Management Specialist ADB, Juan Luis Gomez.

Program penguatan tata kelola pemerintah daerah diharapkan bisa membuat penggunaan dana akan lebih efektif. Selain itu, penyediaan layanan yang lebih efisien diharapkan mampu meningkatkan standar hidup masyarakat serta mengurangi kemiskinan.

Pada program tahap kedua itu, sedikitnya akan ada enam program yang dijalankan. Termasuk di dalamnya, penguatan tata kelola keuangan pemerintah daerah, memperbaiki administrasi pelayanan masyarakat, serta penciptaan pendapatan daerah.

Untuk menyukseskan program tersebut, ADB mengungkapkan pemerintah pusat telah memberikan dukungan di antaranya menyelesaikan strategi desentralisasi keuangan secara lebih komprehensif, pengalihan pajak ke daerah secara bertahap, dan mulai memperkenalkan penganggaran berbasis gender.

ADB memperkirakan dampak dari program ini pada jangka menengah akan mencapai US$280 juta, dengan separuhnya dianggarkan untuk meningkatkan sistem pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Separuhnya lagi akan berasal dari peningkatan efisiensi dari pengalihan pungutan pajak pengentasan kemiskinan yang berjalan mulai 2011 hingga 2014. (art)

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya
Pintu rumah dengan warna merah terang

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Warna pintu rumah adalah hal yang akan dilihat pertama kali oleh orang yang berkunjung. Oleh karenanya, pintu rumah harus memberikan kesan yang baik dan eye-catching.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024