Rasio Utang RI Bakal di Bawah 20% PDB

Gita Wirjawan
Sumber :
  • wartajazz.com

VIVAnews - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) optimistis rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan turun menjadi 20 persen pada tahun 2014. Saat ini, posisi rasio utang pemerintah Indonesia tercatat berkisar 25-26 persen.

"Ada kemungkinan tahun 2014 rasio utang akan turun ke di bawah 20 persen," ujar Kepala BKPM Gita Wirjawan saat ditemui usai acara Investment Award 2011 di Kantor BKPM, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Gita mengatakan, penyebab turunnya rasio utang pemerintah tersebut dikarenakan angka PDB Indonesia yang diperkirakan terus mengalami kenaikan. Di sisi lain, jumlah utang Indonesia masih akan tetap.

Salah satu penyebab peningkatan PDB tersebut adalah derasnya aliran investasi yang masuk ke Indonesia. Pada kuartal III tahun 2011, BKPM berharap investasi akan tumbuh sebesar 15 persen. Alasannya, selama periode tersebut, banyak investor yang menanamkan modalnya di Indonesia.

"Investor baru banyak saya tidak tahu, banyak nama-nama kecil. Secara year on year investasi meningkat 15 persen," tuturnya.

Pada tahun mendatang, BKPM menargetkan nilai investasi bakal mencapai Rp290 triliun. Bahkan, di tengah perlambatan ekonomi yang mungkin menghambat investasi, Gita mengaku optimistis target tersebut dapat tercapai. "Alasannya saya sudah sering kali ceritakan ke Anda. Kalau kita masuk investment grade, banyak yang akan masuk ke sini," ucapnya. (kd)

Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia
Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Novyan Bakrie bertemu Sekretaris Jenderal Kadin Internasional (International Chamber of Commerce/ICC) John Denton, di Kantor Pusat ICC, Paris, Prancis.

Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

Chairman of the Advisory Board of the Indonesian Chamber of Commerce and Industry (Kadin) Anindya Bakrie stated that Indonesian economic has strength to face the crisis..

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024