10 Tren Aneh Kala Ekonomi Memburuk

Protes Wallstreet
Sumber :
  • Reuters/Frank Polich

VIVAnews - Masyarakat di sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat kini tengah berkutat dengan masalah ekonomi akibat krisis surat utang maupun pelambatan ekonomi. Tanda-tanda ekonomi yang mulai jatuh itu terlihat dari dari penurunan tingkat kepercayaan masyarakat, lemahnya permintaan, serta meningkatnya jumlah pengangguran.

Namun, di tengah pelemahan tersebut, sejumlah perilaku masyarakat juga menunjukkan perilaku yang berbeda jika dikaitkan dengan pelambatan ekonomi.

Seperti dikutip VIVAnews.com dari laman businessinsider, berikut adalah 10 perilaku mengejutkan selama ekonomi memburuk:

1. Berkurangnya kecelakaan karena mabuk

Data studi terakhir yang dikeluarkan Center for Disease Control and Prevention menemukan fakta bahwa kecelakaan akibat pengendara mabuk menyentuh level terendah selama 20 tahun terakhir.

Laporan itu didasarkan pada hasil survei terhadap 210 ribu warga Amerika Serikat pada 2010. Sebagian besar masyarakat AS saat ini mengaku telah menurunkan konsumsi minuman keras sebesar 30 persen sejak lima tahun terakhir.

2. Lebih banyak permen

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika keuangan kita menipis di saat terjadi resesi ekonomi adalah menghilangkan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Namun, hal itu tidak lantas membuat masyarakat AS menghilangkan kebiasaan membeli permen.

Di tengah krisis ekonomi 2008, penjualan permen meningkat 2,2 persen di seluruh negara AS. Hal itu didasarkan pada pada National Confectioners Association. perusahaan cokelat, Cadburry dilaporkan mengalami peningkatan keuntungan sebesar 30 persen pada 2008, dan Nestle 10,9 persen.

3. Lebih banyak hubungan jarak jauh

Sebuah survei menunjukkan 18,2 persen pekerja terpaksa dimutasi dari pekerjaannya sepanjang kuartal II-2009, naik 11,4 persen dibandingkan 2008. Kondisi ini menunjukkan pekerja yang terkena mutasi harus menjalin hubungan jarak jauh dengan pasangan atau keluarganya.

4. Lebih banyak taman

Sejak 2009, perusahaan tanaman dan jasa pengiriman surat melaporkan kenaikan penjualan bibit dan produk taman rumah. Toko perlengkapan Ace Hardware di Denver melaporkan penjualan bibit tanaman mengalami kenaikan 300 persen. Selain itu, banyak perusahaan jasa pengiriman surat mencatat pasokan bibit untuk tanaman sempat melambat.

Berdasarkan data National Gardening Association, tanaman kesehatan dan taman herbal mampu menghemat anggaran hingga US$500 per tahun.

5. Lebih sedikit boxer (pakaian dalam pria)

Pakaian dalam (boxer) selama ini menjadi pilihan masyarakat dalam berbusana. Namun, seiring ekonomi yang terus melemah, banyak kalangan pria yang mengeluarkan kebutuhan pakaian dalam dalam daftar belanjaan mereka.

Bahkan, mantan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat, Alan Greenspan mencatat penjualan pakaian dalam terkadang memang selalu mendatar (flat). Penurunan penjualan pakaian dalam pria bisa menunjukkan tanda-tanda ekonomi mulai memburuk.

(bersambung)

Penyebab Juara Bertahan Bandung bjb Tandamata Takluk di Laga Perdana Proliga
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Kaesang menyambut baik langkah PKB dan Nasdem yang merapat ke kubu Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024