Jadi Mendag, Gita Geser Mari Pangestu

Gita Wirjawan
Sumber :
  • ancora foundation

VIVAnews - Posisi Gita Wirjawan akhirnya mencapai titik terang. Gita  ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan setelah mematahkan berbagai spekulasi yang menyatakan dirinya akan menjadi Menteri Keuangan atau Meneg BUMN.

Gita Wirjawan menyampaikan penunjukan dirinya sebagai Menteri Perdagangan di Kantor Presiden. "Saya diminta presiden dan diberikan tugas dan amanah yang baru sebagai Menteri perdagangan. Dengan senang hati saya terima tugas dan amanah baru itu," ujar Gita di kantor presiden, Senin, 17 Oktober 2011.

Sebelum ke Istana, Gita yang ditemui di DPR menyatakan ia siap menjadi menteri apa saja. "Saya siap mau jadi apa saja. Dimanapun, di BKPM pun saya siap" kata Gita.

Gita beberapa kali dipanggil oleh SBY baik di Istana ataupun kediaman SBY di Cikeas. Terakhir, minggu, 16 Oktober 2011 Kepala BKPM itu dipanggil ke Istana, setelah Selasa 11 Oktober Gita mendadak dipanggil ke Istana. Gita juga dipanggil pada Minggu, 9 Oktober 2011.

Sebelum menjadi Kepala BKPM, Gita pernah menjabat Presiden Direktur JP Morgan Indonesia, salah satu bank investasi asal Amerika yang remuk dihantam krisis 2008. Namun di tengah jalan, saat krisis finansial merebak, dia memutuskan berhenti dan membangun bisnis baru.

Dia membentuk PT Ancora Capital, untuk menampung aset-aset yang terkena imbas krisis keuangan. Dalam beberapa bulan, Ancora mengambil alih porsi kepemilikan saham yang signifikan di sejumlah perusahaan top, seperti PT Apexindo Pratama Duta Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Multi Nitrat Kimia, dan satu perusahaan properti di Jakarta dan Bali. (umi)

Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia
Umuh Muchtar

Makna Lebaran Bagi Bos Persib Bandung

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga besarnya di kediamannya, Kiara Condong, Bandung

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024