Ingin Cuti ke Eropa, Dahlan Dicekal Istana

Dahlan Iskan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Direktur Utama PLN (Persero) Dahlan Iskan terpilih menjadi Menteri BUMN baru menggantikan Mustafa Abubakar yang sedang sakit.

Masih Ingat 34 Pemain Pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Ada M Tahir hingga Andritany

Apa alasan Dahlan Iskan menerima jabatan sebagai Menteri BUMN?

"Saya tertular budaya Tiongkok. Orang Tiongkok kalau tidak disebut Ai Guo atau cinta negara, merupakan cacat besar, seperti sudah kiamat,"kata Dahlan Iskan di Kantor Pusat PLN, Selasa malam.

Menurut Dahlan Presiden merupakan lambang personifikasi negara. Menjadi menteri BUMN merupakan perintah Presiden yang merupakan bagian dari Ai Guo.

Dicekal

Ia sebenarnya telah menghindar dengan cara liburan ke luar negeri. Dahlan menceritakan saat Presiden sedang menyusun kabinet baru, pada 12 Oktober 2011 lalu Ia sudah mengambil cuti untuk melakukan perjalanan ke Eropa.

"Kenapa ke Eropa? Tidak jelas juga karena mau ngeles (menghindar). Kebetulan di sana ada kongres Bridge dan ada beberapa yang  ingin dilihat," katanya.

Namun saat di bandara Soekarno-Hatta dan saat dirinya sedang menunggu di executive lounge, dirinya kena "cekal" dari Istana. Ia ditelepon salah satu orang Istana dan tidak boleh berangkat ke Eropa.

"Saya sudah boarding, sedang di ruang tunggu dapat telepon tidak boleh berangkat, kena cekal. Bagasi saya sudah ada di pesawat terpaksa dikeluarkan lagi," ceritanya.

Ia yang rencananya baru pulang dari Eropa pada 21 Oktober 2011 pun gagal berangkat dan cuti yang telah ia ambil dua hari lebih cepat. "Saya sudah berusaha menghindar, bergerilya agar tidak terpengaruh (reshuffle) dan tetap di PLN, tapi ya sudahlah," katanya.

Pagi ini, Dahlan dan sejumlah wajah baru di Kabinet Indonesia Bersatu II akan dilantik SBY sebagai Menteri BUMN. Dia menggantikan Mustafa Abubakar yang diberhentikan SBY dengan hormat karena alasan sakit.

Fix Putus, Nikita Mirzani Ngaku Alami Kekerasan Mental dan Fisik dari Rizky Irmansyah
Rocky Gerung

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Netizen membenturkan pengacara kondang Hotman Paris Hutatea dengan pengamat politik Rocky Gerung. Hotman sempat merespons netizen soal debat lawan Rocky Gerung.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024