Harapan Bankir BUMN ke Dahlan Iskan

Direktur Bank Mandiri Zulkifli Zaini
Sumber :
  • Bank Mandiri

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini resmi melantik menteri dan wakil menteri baru dalam jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II. Salah satu menteri yang dilantik adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, yang sebelumnya menjabat direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Lalu, apa harapan bankir terhadap pemimpin baru di Kementerian BUMN tersebut?

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, Zulkifli Zaini, mengatakan, terpilihnya Dahlan Iskan diharapkan dapat memberikan dukungan positif bagi industri perbankan.

"Tentunya, kami berharap beliau sukses dan bisa lebih baik lagi mendukung perbankan," kata Zulkifli di gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu 19 Oktober 2011.

Zulkifli menambahkan, Bank Mandiri berharap adanya persamaan penyetoran dividen di antara bank-bank BUMN ke negara. Dia berharap, persentase dividen dari Bank Mandiri ke pemerintah dapat disesuaikan dengan bank lain seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk.

"Kalau untuk dividen, sejak beberapa tahun terakhir ini Bank Mandiri berharap bisa turun. Tahun lalu, dividen 35 persen, sedangkan bank lain ada yang 20 persen dan 30 persen," ujarnya.

Untuk itu, dia mengharapkan tahun ini giliran dividen Bank Mandiri lebih rendah dibanding bank BUMN lainnya.

Dengan dividen yang rendah, Zulkifli melanjutkan, dana untuk kebutuhan usaha bertambah. Bertambahnya dana untuk usaha itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan laba.

"Logika saya, walaupun dividen turun, totalnya kan tetap sama saja. Sumbangan ke negara tidak menjadi turun. Karena jika laba naik, pajak juga bertambah," tuturnya.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024