Selamatkan Hutan Lewat Stop Ekspor Rotan

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan tinjau hutan di sekitar Gunung Rajabasa
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menilai penghentian ekspor bahan baku rotan dapat menyelamatkan Indonesia dari eksploitasi hutan secara berlebihan. "Enam tahun Kementerian Kehutanan memperjuangkan untuk menghentikan ekspor rotan dan menunggu kabar gembira dari Gita Wirjawan hari ini," kata  Zulkifli Hasan di Cirebon, Jumat 28 Oktober 2011.

Menurutnya Kementerian Kehutanan mendukung langkah ini karena menurutnya saat ini telah terjadi eksploitasi hutan rotan secara berlebihan karena ekspor rotan-rotan secara ilegal. Semua ekspor rotan tersebut melebihi daya dukung hutan rotan di Indonesia karena para eksportir hanya memikirkan keuntungan jangka pendek.

Ia menjelaskan saat ini terdapat sekitar 12 juta hektar hutan rotan yang tersebar di Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera, dan kebanyakan hutan tersebut telah rusak akibat eksploitasi berlebihan. "Ekspor rotan mentah menimbulkan kerusakan, tidak memberikan manfaat bagi Indonesia," katanya.

Dengan adanya penghentian kran ekspor bahan baku rotan ini, ia berharap hutan-hutan rotan dapat melakukan pulihkan selama 2-3 tahun mendatang, karena China telah mengimpor rotan dan menyetok hingga setahun ke depan.

"Dengan stop ekspor akan baik untuk kawasan hutan, baik untuk pengusaha rotan, pengrajin, dan kita semua," katanya. (adi)

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024