Transaksi Wisatawan Lokal Bisa Tembus Rp154 T

Tari Burung Enggang dalam promosi wisata Pesona Borneo
Sumber :
  • Ist.

VIVAnews - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memastikan jumlah transaksi wisatawan dalam negeri tahun ini akan melampaui Rp154 triliun. Kondisi itu melihat tren rata-rata perjalanan wisatawan nusantara pada awal 2011.

“Ini didukung oleh branding dan upaya promosi pariwisata dalam negeri,” kata  Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, M Faried di sela promosi wisata Kalimantan “Pesona Borneo” di Balikpapan.

Pada tahun lalu saja, Faried mengatakan, jumlah transaksi wisatawan nusantara mencapai Rp150,49 triliun. Jumlah itu diperoleh dari 122,31 juta wisatawan nusantara yang menghasilkan 234,38 juta perjalanan. “Kalau melihat tren perjalanan wisatawan nusantara hingga triwulan kedua, saya yakin akan melampaui Rp154 triliun,” kata Faried.

Sementara itu, jumlah wisatawan mancanegara juga meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2010, jumlah wisman mencapai 7,002 juta orang atau naik 10,74 persen dibandingkan 2009. Kunjungan wisman 2010 tersebut menghasilkan transaksi pembelanjaan US$7,6 miliar. “Tahun 2011 kami harapkan mencapai US$7,7 juta atau naik 10 persen," ujar Faried.

Untuk itu, Faried mengatakan, pihaknya terus melakukan branding dan promosi. Selain branding 'Wonderful Indonesia', serta 'Kenali Negerimu' dan 'Cintai Negerimu', pemerintah juga bekerja sama dengan pemda-pemda di seluruh Indonesia. "Seperti promosi pariwisata Kalimantan yang kami lakukan melalui promosi Borneo akhir Oktober ini," katanya. (art)

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum
Syifa Hadju

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Menurut Syifa Hadju, setiap orang dalam sebuah hubungan pasti akan belajar menerima kekurangan pasangan masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024