Kuartal III, Newmont Setor Pemerintah Rp1,5 T

Kegiatan penambangan tembaga dan emas PT Newmont Nusa Tenggara
Sumber :
  • VIVAnews/Hadi Suprapto

VIVAnews - PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) telah menyetor Rp1,565 triliun ke kas negara semua kewajiban keuangan kepada pemerintah di kuartal III 2011. Jika diakumulasi sampai kuartal ketiga tahun ini, maka Newmont telah menyetor kepada pemerintah sebesar Rp6,238 triliun.

Manajer Public Relation Newmont Rubi Purnomo mengungkapkan, angka itu merupakan seluruh kewajiban keuangan kepada pemerintah berupa pajak, non pajak dan royalti. "Sesuai ketentuan kontrak karya," kata Rubi di Lokasi Tambang Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis, 3 November 2011.

Menurut Rubi, royalti produksi yang dibayarkan pada kuartal III 2011 ini, mencapai Rp59,445 miliar. "Untuk Tahun 2011, akumulasi  sampai kuartal III ini royalti produksi yang dibayarkan Rp135,017 miliar," katanya.

Dibanding kuartal sebelumnya, setoran kuartal III ini lebih kecil. Pada kuartal II, Newmont menyetor Rp3,261 triliun. Selisih lebih besar bila dibanding kuartal yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,452 triliun dengan royalti produksi Rp87,522 miliar.

Rubi menjelaskan, Sejak 1997 sampai kuartal III 2011 ini Newmont telah menyetor Rp27,507 triliun. Dari jumlah itu khusus royalti produksi Rp2,088 triliun.

Diberitakan sebelumnya, produksi tambang batu hijau milik Newmont turun produksi. Penyebabnya, penambangan masuk fase enam, yakni menggali lapisan atas pit yang kadar mineralnya rendah. Sementara pada 2010 penambangan fase lima, yakni di pit yang memang kaya kadar mineral.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024