Menkeu: ASEAN Tidak Terganggu Krisis Global

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, menilai di tengah ketidakpastian global saat ini, para petinggi ASEAN percaya aliran modal tetap akan mengalir ke Asia Tenggara.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

Di saat krisis ekonomi melanda beberapa negara di dunia, perekonomian negara-negara di kawasan Asia Tenggara dipastikan tidak akan berubah. Bahkan, para investor akan mengalihkan modal ke negara-negara berkembang seperti di ASEAN.

"ASEAN adalah salah satu kutub pertumbuhan ekonomi yang penting, US$200 miliar pada perdagangan dan US$760 miliar investasi," jelasnya saat jumpa pers pada acara ASEAN Finance Minister's Investor Seminar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa 8 November 2011.

Agus menjelaskan sejumlah faktor yang menjadi penarik investasi bagi kawasan ASEAN adalah populasi masyarakat seluruh negara di Asia Tenggara yang mencapai 600 juta orang. Kondisi ini ditunjang dengan tingkat daya beli dan kelas menengah yang terus meningkat.

Faktor lain yang membuat kuatnya perekonomian regional ASEAN adalah kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Serta, upaya reformasi ekonomi dan pembentukan kembali kekuatan ASEAN.

"(Itu semua) menunjukkan bahwa dia (ASEAN) adalah salah satu tempat tujuan investasi yang menarik untuk portofolio dan infrastuktur," tutur Agus.

Hingga saat ini, tambahnya, arus modal asing atau Foreign Direct Investment (FDI) untuk wilayah ASEAN pada tahun 2010 mencapai US$76 miliar. Jumlah tersebut menunjukan 10 persen dari total FDI global pada negara berkembang.

"Anda kan melihat, 40 persen masuk ke Singapura, 30 persen ke Thailand dan Malaysia, 14 persen ke Indonesia dan Vietnam, sisanya ke negara anggota lainnya," ujar Agus.

Sementara itu, Menteri Ekonomi dan Keuangan Kamboja, Kong Vibol, menyatakan dengan semua mekanisme perdagangan seperti perdagangan bebas diantara negara ASEAN, telah membuat para investor akan memiliki akses kepada 1,9 miliar konsumen di ASEAN.

"Jadi ASEAN itu tempat tujuan investasi yang menarik," kata Kong. (ren)

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024