Pemerintah Akan Renegosiasi Kontrak Freeport

PT Freeport
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng

VIVAnews – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyatakan akan segera melakukan negosiasi ulang kepada perusahaan tambang emas milik Amerika Serikat di Papua, PT Freeport Indonesia.

“Kami akan lakukan negosiasi ulang. Hal-hal yang tidak rasional, kami renegosiasi,” ucap Jero Wacik saat memberi keterangan resmi soal Freeport di Ikan Restoran, Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu 16 November 2011.

Namun, imbuh Wacik, renegosiasi itu tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat karena masih harus menunggu negosiasi internal antara serikat pekerja Freeport dengan manajemen Freeport itu sendiri. “Masih menunggu urusan perburuhan selesai. Kalau sudah selesai, baru kami mulai pikirkan renegosiasi,” ujar Wacik.

Tak hanya Freeport, Wacik mengatakan, banyak perusahaan asing di Indonesia yang kontraknya perlu dinegosiasi ulang. Alasannya, kontrak-kontrak itu sudah sangat lawas, sehingga dianggap tidak sesuai lagi dengan kondisi kekinian.

“Tidak hanya kepada Freeport. Banyak perusahaan asing lain yang layak kita negosiasi ulang. Mengenai isinya apa saja, nanti kami pikirkan,” kata Wacik. (Laporan: Bobby Andalan | Bali, eh)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024