Petinggi Perusahaan Teknologi Bergaji US$1

Google
Sumber :
  • Co.Design via Curbed.com

VIVAnews - Industri teknologi dan informasi selama beberapa tahun terakhir terus berkembang, bahkan menjadi perusahaan raksasa. Bagi masyarakat perkotaan, nama-nama seperti Google dan Apple mungkin tidak asing di telinga.

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

Kendati bekerja di perusahaan TI terbesar di dunia, para chairman dan chief executive yang bergerak di bidang ini ternyata menerima gaji di luar bayangan orang awam. Para bos perusahaan TI ini ternyata hanya menerima gaji sebesar US$1 per tahun.

Walau ada beberapa bos TI yang menerima bonus uang tunai dan kompensasi lainnya hingga ratusan ribu dolar AS, sebagian besar ternyata tidak menerima sama sekali.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Berikut ini adalah daftar para petinggi perusahaan yang bergerak di bidang TI dengan gaji hanya US$1 per tahun seperti dikutip dari cnn.com:

1. Steve Jobs

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Steve Jobs dengan Apple

Perusahaan: Apple
Bonus: tak ada
Saham dan opsi saham: tak ada

Sejak 1997 hingga kematiannya, Steve Jobs hanya membawa gaji sebesar US$1 per tahun, dan hampir beberapa tahun dia tidak memperoleh bonus.

Namun, pada 2001, perusahaan memberikan bonus besar bagi eksekutif sebesar US$90 juta yang digunakan Jobs untuk membeli pesawat Gulfstream V. Sejak saat itu, Apple menanggung seluruh pengeluaran perjalanan udara Jobs, yang tahun lalu total mencapai US$248 ribu.

Forbes
belum lama ini memperkirakan kekayaan Jobs mencapai US$7 miliar. Sebagian besar kekayaannya itu berasal dari Walt Disney Co, bukan Apple. Pada 2006, Jobs merupakan pemegang saham terbesar Disney ketika perusahaan dibeli Pixar.

2. Benjamin Feder

Perusahaan: Take Two Interactive
Bonus: Tak ada
Saham dan opsi saham: tak ada

Setelah tiga tahun menjabat sebagai chief executive officer (CEO) di sebuah perusahaan video game, Feder mengundurkan diri pada 2010 dan hanya membawa pulang US$7.053 yang terdiri atas gaji US$3 dan uang penggantian mobil perusahaan sebesar US$7.050.

Tahun lalu, Feder hanya menghasilkan pendapatan US$1. Sejak mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas, Feder tidak bisa lagi memperoleh bagiannya.

Kendati tidak memperoleh keuntungan personal dari masa singkatnya di Take Two, Feder memperoleh kekayaan dari perusahaan investasinya, ZelnickMedia. Feder yang merupakan salah satu mitranya menerima 3,5 juta saham Take Two pada 2007. Berdasarkan laporan kepada otoritas bursa setempat, nilai saham itu mencapai US$16,9 juta.

3. Karl Slatoff

Perusahaan: Take Two Interactive
Bonus: Tak ada
Saham dan opsi saham: Tak ada

Slatoff diangkat sebagai chief operating officer pada perusahaan video game itu pada Oktober 2010. Seperti mantan CEO sebelumnya, Slatoff juga hanya menghasilkan gaji US$1 per tahun tanpa bonus maupun saham.

4. Meg Whitman

Hewlett-Packard (HP)

Perusahaan: Hewlett-Packard
Bonus: Lebih dari US$6 juta
Saham dan opsi saham: Pilihan memiliki saham sebanyak 1,9 juta unit

CEO baru HP bekerja dengan sangat baik jika perusahaan mengalami perkembangan, namun untuk itu Whitmann hanya diberikan garansi US$1 juta. Sebenarnya, jika Whitmann tidak dipecat sebelum akhir tahun depan, dia akan membawa pulang gaji US$1,50 atau sejak jatahnya ditetapkan 1,5 kali pendapatan tahunannya.

Jutawan ini sebetulnya tidak membutuhkan uang berkat bisnis yang dijalankannya selama bertahun-tahun, eBay. Namun, dia sebetulnya bisa menambah pundi-pundi sahamnya jika dianggap mampu mengelola HP pada trek yang betul. Whitman tadinya akan diganjar dengan bonus uang tunai sebesar US$2 juta dengan peluang dinaikkan menjadi US$6 juta.

Whitman juga berkesemptan untuk membeli saham HP dengan harga diskon, senilai US$45 juta. Namun, pilihan ini bisa diambil jika dia tetap bertahan di HP selama beberapa tahun dan mampu meningkatkan saham HP selama periode itu.

5. Larry Ellison

Larry Ellison

Perusahaan: Oracle
Bonus: US$13,3 juta
Saham dan opsi saham: US$62,7 juta

CEO Oracle ini dianggap memiliki trik yang tak terpikirkan: Ellison menggenggam dua peringkat teratas sekaligus yaitu eksekutif bergaji terendah dan tertinggi di jajaran petinggi lainnya. Pendapatannya hanya sebesar US$1 per tahun, namun kompensasi lainnya yang diterimanya berupa bonus tunai tahun ini sebesar US$13,3 juta dan saham senilai US$62,7 miliar, menempatkannya pada posisi tertinggi di antara eksekutif perusahaan teknologi lain.

Termasuk dalam bonus yang diterima oleh Ellison adalah kompensasi senilai US$1,5 juta untuk teknologi keamanan rumah dan staf. Dalam keterangannya kepada otoritas bursa, pengamanan di luar kelaziman yang diberikan perusahaan kepada CEO-nya itu karena peran penting Ellison bagi Oracle.

6. Larry Page dan Sergen Brin

Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin

Perusahaan: Google
Bonus: US$1.785
Saham dan opsi saham: tak ada

Tahun lalu ketika menjabat sebagai wakil presiden Google, CEO baru perusahaan mesin pencari tersebut hanya memperoleh pendapatan US$1 per tahun. Jumlah yang sama itu diperoleh juga oleh tiga serangkai Google, Page, Sergey Brin, dan Eric Schmidt, sejak 2005.

Page hampir menanggalkan semua fasilitas yang diberikan Google kecuali satu hal yang disimpannya yaitu menggunakan jatah bonus liburan sebesar US$1.785.

Pendapatan dan bonus yang sama juga diperoleh oleh Chief Engineer Google, Sergey Brin, yang pernah menjabat wakil presiden Google.

7. Eric Schmidt

Eric Schmidt, Chief Executive Google

Perusahaan: Google
Bonus: US$1.785
Saham dan opsi saham: tak ada

Chairman dan mantan CEO Google ini mendapatkan penghasilan US$1 dan bonus US$1.785 pada tahun lalu. Namun, Schmidt juga memperoleh kompensasi sebesar US$268.012 untuk pengamanan pribadi dan US$43.421 untuk perjalanan menggunakan pesawat yang di dalamnya mengangkut keluarga dan rekannya.

Tahun ini, pendapatan Schmidt kemungkinan bakal lebih besar. Dia menjual 6 persen dari 9,2 juta saham Google dengan nilai lebih dari US$300 juta. Dia juga memperoleh saham sebesar US$100 juta yang akan diterima pada 2015.
 
8. Charles Ergen

Perusahaan: EchoStar
Bonus: tak ada
Saham dan opsi saham:  tak ada

Sebagai chairman dan pemegang saham terbesar perusahaan pemasok kebutuhan satelit, Echostar, hanya memperoleh pendapatan US$1 per tahun.

Mantan pemilik Dish Network ini juga memperoleh US$124.123 pada tahun lalu untuk biaya bepergian menggunakan pesawat milik perusahaan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya