Keuntungan RI dari Orang Kaya Baru

Fauzi Ichsan, Ekonom Stanchart
Sumber :
  • Vibiznews.com

VIVAnews - Pengamat ekonomi dari Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan, menilai bertambahnya nilai kekayaan orang kaya Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes memberikan peluang bagi pemerintah menambang pundi-pundi pajaknya.

"Semakin banyak dong bayar pajak," kata Fauzi Ichsan di Jakarta, Kamis, 24 November 2011.

Selain bagi pemerintah, Fauzi menilai, penambahan jumlah pengusaha yang memiliki kekayaan cukup melimpah akan memperbesar peluang masuknya investasi ke Tanah Air. Selain itu, pengusaha bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Menurut Fauzi, masuknya sejumlah nama pengusaha baru dalam daftar Forbes disebabkan kenaikan nilai aset dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ekonomi yang baik dipastikan akan membuat kenaikan laba pada korporasi, sehingga memperbesar porsi dividen bagi pemilik saham. "Pemilik korporasi, dividennya semakin besar," ujar dia.

Selain itu, penambahan jumlah orang kaya juga muncul karena mereka umumnya memiliki properti dan saham yang mengalami kenaikan harga.

Orang-orang kaya baru di Indonesia juga bisa mengindikasikan bahwa jumlah nasabah kaya di Indonesia akan semakin besar seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. "Artinya pemilik perusahaan semakin kaya," ujar dia. (art)

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia
VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024