Jakarta Bakal Punya Trem (Lagi)

Trem listrik di kawasan Harmoni tahun 1954
Sumber :
  • Museum Sejarah Jakarta

VIVAnews - Jakarta sebentar lagi bakal punya trem, kereta rel khusus yang beroperasi di dalam kota. Ini seiring rencana PT Bakrieland Development Tbk yang meluncurkan trem pada 15 Desember mendatang. Alat transportasi massal ini akan beroperasi di kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Selatan.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

"Pembangunan rel hampir selesai," kata Kepala Divisi Penjualan Bakrieland, Reynold Sihombing, kepada VIVAnews.com saat open house di Rasuna Epicentrum, Sabtu 26 November 2011.

Reynold mengatakan, pembangunan rel baru sepanjang 1,2 kilometer, sehingga belum seluruh kawasan superblok itu dilalui trem. "Hanya sebagian, di sekitar mal Epicentrum Walk," katanya.

Menurut Reynold, trem ini telah didesain ramah lingkungan dengan bahan bakar bio diesel. Para penghuni dan pengunjung kawasan tak perlu takut, sebab transportasi massal hanya menghasilkan sedikit polusi.

Rasuna Epicentrum merupakan kawasan terpadu yang berada di Kuningan, Jakarta Selatan. Kawasan ini merupakan megasuperblok terpadu dengan luas keseluruhan 53,6 hektare. Kawasan ini berisi hunian, perkantoran, hotel, rumah sakit, tempat ibadah, pusat olahraga, pusat perbelanjaan dan hiburan, serta pendidikan.

Pada zaman Hindia Belanda, Batavia (sekarang Jakarta) pernah memiliki trem uap dan trem listrik dengan berbagai tujuan di dalam kota. Namun trem-trem itu kemudian mati ditelan zaman. (kd)

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024