Keuntungan Investment Grade Menurut Darmin

Darmin Nasution, Gubernur BI
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, naiknya peringkat utang Indonesia menjadi investment grade akan membawa pengaruh positif terhadap perusahaan dalam negeri. "Grade dari suatu negara akan berpengaruh kepada grade perusahaan terbaik di dalam negeri," kata Darmin di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Jumat 16 Desember 2011.

Darmin menjelaskan, predikat investment grade akan mengubah persepsi pasar terhadap perekonomian Indonesia. Investor akan melihat Indonesia sebagai negara yang sudah bagus sebagai tujuan investasi.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

Dampaknya, saat menerbitkan surat utang, cukup memberi imbal hasil lebih kecil. Tentunya, ini akan menambah efisiensi dalam menerbitkan obligasi bagi negara maupun perusahaan.

Selain itu, Darmin mengatakan bahwa investment grade akan memberi implikasi bagi pemilik dana jangka panjang, karena investor akan datang ke Indonesia.

Menurut Darmin, di negara maju seperti Amerika dan Jepang, dana jangka panjangnya dikelola oleh institusi dana pensiun. Namun, regulator di negara tersebut sulit mengizinkan dana pensiun berinvestasi di negara non investment grade.

“Dengan kita sudah meraih investment grade, terbuka kemungkinan pengelola dana jangka panjang menempatkan dana mereka," katanya.

Dengan demikian, Darmin menambahkan, sifat capital inflow akan berubah dari yang awalnya jangka pendek dan spekulatif menjadi jangka panjang. Tentunya, ini akan berdampak pada volatilitas rupiah yang jauh lebih bisa dikendalikan. (art)

Ayah Chandrika Chika Bantah Anaknya Pakai Narkoba Setahun: Ambil Berita Langsung dari Sumbernya
Kantor Google.

7 Rahasia Google

Google merupakan salah satu search engine yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Meski setiap hari digunakan, mungkin belum banyak orang yang mengetahui.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024