Mobil Esemka, Menteri Gita Tertarik Beli Satu

Kunjungan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengaku tertarik dengan mobil desain dan rakitan anak negeri, Kiat Esemka. Bahkan, Gita mencari tahu di mana mobil dinas Walikota Solo Joko Widodo itu bisa dipesan. "Kalau ada saya pesan satu," kata Gita saat berkunjung ke kantor VIVAnews.com, Rabu 4 Januari 2012.

Namun, Gita tak serta merta akan membeli mobil bikinan anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta itu. Gita memberi syarat agar Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo, bisa mengurangi makan nasi.

"Saya siap beli kalau Pak Jokowi mau makan singkong lebih banyak," katanya, sambil tersenyum.

Memang, akhir-akhir ini Gita giat mengampanyekan substitusi pangan. Menurut dia, konsumsi beras di Indonesia sangat tinggi, mencapai 140 kilogram (kg) per orang per tahun. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan negara-negara tetangga seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia yang hanya 65-70 kg per orang per tahun.

Padahal, Gita melanjutkan, beras merupakan sumber karbohidrat dan gula yang sangat besar, sehingga kerap menimbulkan penyakit gula. "Jangan lupa, menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan penderita diabetes terbesar keempat dunia," katanya. (art)

Detik-detik Pengemudi Zenix Lawan Arah di BSD, Diingatkan Malah Marah
Dok. Istimewa

Nilai Demokrasi Mau Luntur, Front Penyelemat Demokrasi Ikut Ajukan Amicus Curiae ke MK

Front Penyelamat Demokrasi dan Reformasi, ikut mengajukan amicus curiae atau sahabat pengadilan, ke Mahkamah Konstitusi. Pengajuan ini menyusul beberapa tokoh sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024