Sudah Lama Jembatan Kutai Terindikasi Gagal

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - Ketua Umum Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) menyatakan kegagalan pembangunan Jembatan Kutai Kartanegara sudah terindikasi sejak satu bulan setelah selesainya pembangunan jembatan itu.

"Kegagalan bangunan itu sudah jelas satu bulan setelah selesai pembangunan. Dengan pergeseran pada pilon 8 sentimeter (cm) sampai 15 cm, sehingga menyebabkan kabel utamanya kendor dan kabel penggantungnya mengerucut, maka terjadi kelengkungan," kata Ketua Umum LPJKN, Randy Lamdjido di Jakarta, Jumat 13 Januari 2012.

Menurut Randy, pembangunan Jembatan Kutai Kartanegara sejak perencanaan dan pelaksanaan memang sudah tidak beres. Karena itu, Randy menyebutkan tidak bisa menyalahkan satu pihak semata.
 
"Tidak bisa ke Bukaka. Karena Bukaka hanya bekerja berdasarkan secara teknis dan mekanisme. Jadi, dalam tendernya kan sudah ada apa-apa saja yang dikerjakan," kata Randy.

Bahkan, Randy menyesalkan kepada pihak Kementerian Pekerjaan Umum yang tidak memiliki standardisasi pemeliharaan. "Seharusnya orang PU mampu membuat standardisasi. Masa tidak ada standardisasi pemeliharaan," ujar Randy.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum mengatakan musibah itu sebetulnya bisa dihindari. Terlebih lagi, pengerjaan proyek jembatan sebenarnya bukan hal yang rumit.

"Tapi, perlu orang-orang yang kompeten. Tidak perlu khawatir soal jembatan karena menggunakan teknologi tinggi, kan ada ahlinya," kata Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum, Bambang Guritno.

Karena itu, Kementerian PU kemudian menyatakan perusahaan yang bergerak di sektor kontruksi harus menguasai dan mengantongi sertifikat untuk bisa terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

"Kalau kita tidak menguasai pengetahuan (knowledge) itu, ya harus dikuasai sebelum melakukan pekerjaan itu. Banyaklah orang yang tidak punya background apa-apa, kok jadi kontraktor," ucap Bambang. (art)

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024