S&P Pangkas Rating Dana Bailout Eropa EFSF

Kantor Pusat Bank Sentral Eropa
Sumber :
  • REUTERS/Ralph Orlowski

VIVAnews - Setelah memangkas rating 9 negara di euro zone, lembaga pemeringkat Standard & Poor menurunkan rating mata uang bailout European Financial Stability Facility (EFSF) satu tingkat menjadi AA+ Senin, 16 Januari.

Seperti yang dikutip Reuters, dalam pernyataannya S&P mengatakan keputusan ini tidak terelakkan, mengikuti pemangkasan rating Prancis dan Austria dimana dua negara itu juga menjadi penjamin EFSF.

EFSF didirikan oleh 17 pemerintah yang memiliki mata uang tunggal Eropa pada Mei 2012 dan sejauh ini telah digunakan untuk memberikan pinjaman darurat kepada Irlandia, Portugal. Hal ini juga diharapkan dapat berkontribusi untuk bailout kedua Yunani.

EFSF memiliki kapasitas pinjaman 440 miliar euro yang bergantung pada jaminan terutama negara-negara euro yang memiliki peringkat AAA. Saat ini tercatat hanya empat negara yaitu Jerman, Luksemburg, Finlandia, dan Belanda.

Dalam sebuah pernyataan, EFSF mengatakan penurunan peringkat itu tidak akan mempengaruhi kapasitas pinjaman. EFSF menekankan masih akan memiliki rating di atas S&P.

"Penurunan rating ke AA+ oleh satu lembaga kredit tidak akan mengurangi kapasitas pinjaman EFSF sebesar 440 miliar euro," kata chief executive Klaus Regling. "EFSF memiliki sarana yang cukup untuk memenuhi komitmen dengan kondisi saat ini dan program potensial di masa depan hingga ESM beroperasi pada Juli 2012," ujarnya.

ESM adalah European Stability Mechanism yaitu dana penyelamatan permanen yang diperkirakan dapat memiliki dana dengan kapasitas 500 miliar euro, berdasarkan modal disetor 80 miliar euro dan modal 620 miliar euro berupa obligasi. (ren)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024