Dahlan: PGE Jadi Anak Usaha Pertamina dan PLN

Meneg BUMN Dahlan Iskan [CLOSE UP]
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta PT Pertamina menjadikan PT Pertamina Geothermal Energy sebagai anak perusahaan bersama dengan PT Perusahaan Listrik Negara. Upaya ini untuk menengahi permasalahan kesepakatan harga jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) antara PGE dan PLN yang tak kunjung selesai.

"Pertamina minta harga PPA tinggi, PLN minta jangan tinggi-tinggi. Tadi sepakat, Pertamina Geothermal akan menjadi anak perusahaan bersama antara PLN dan Pertamina," kata Dahlan di Jakarta, Selasa 24 Januari 2012.

Menurut Dahlan, nantinya porsi kepemilikan saham PGE akan menjadi 50-50. Diharapkan dengan menjadi anak perusahaan bersama PLN dan Pertamina, tidak ada lagi negosiasi panjang terkait kesepakatan harga jual beli listrik. "Supaya proyek geothermal ini cepat jalan dan jadi andalan Indonesia," paparnya.

Dahlan menjelaskan, jika telah menjadi anak perusahaan bersama, PGE akan mengeluarkan obligasi bersama untuk pengembangan proyek besar-besaran. PGE akan melakukan berbagai proyek pengembangan panas bumi dengan total investasi Rp10 triliun.

"Dengan menjadi anak perusahaan bersama, pembicaraan menjadi tidak ruwet," katanya.

Proses perubahan komposisi saham PGE ini akan dilakukan sebelum PGE merencanakan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada tahun ini. (art)

Lindungi Kesehatan Pekerja, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja
Presiden Iran Ebrahim Raisi

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Presiden Iran, Ebrahim Raisi mengancam Israel dengan konsekuensi 'mengerikan'. Raisi menegaskan, jika Israel mengulangi serangan terhadap Iran, Ia bakal melakukan ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024