Kalla: Buruh Demo Karena Kurang Komunikasi

aksi demo buruh di bekasi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan demo buruh yang berlangsung kemarin terjadi karena kurangnya komunikasi antara buruh, pihak pengusaha dan Pemda setempat.

"Sebenarnya masalah komunikasi, Pemda komunikasi yang kurang dengan pengusaha, pengusaha juga kurang komunikasi dengan buruh," kata Jusuf Kalla (JK), di sela-sela acara donor darah di @America, Jakarta, Sabtu 28 Januari 2012.

Demo kemarin merupakan buntut dari keputusan Pengadilan Tata usaha Niaga (PTUN) Bandung yang memenangkan gugatan UPK Bekasi tahun 2012 yang diajukan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bekasi.

JK mengatakan seharusnya permasalahan gaji harus selalu ada perbaikan yang disesuaikan kebutuhan buruh dan pengusaha. "Bahwa itu harus sesuai dengan kebutuhan. Mestinya buruh harus diajak bicara karena selama ini hubungan Apindo dengan buruh itu sangat baik," katanya.

Tentunya, lanjut JK, dengan adanya peristiwa kemarin sungguh sangat memprihatinkan. "Ya tentu sangat prihatin dengan situasi itu tapi di lain pihak harus ada peran serta masyarakat harus tetap sangat baik," ujarnya.

Sebelumnya, ribuan buruh yang tergabung dalam Buruh Bekasi Bergerak turun ke jalan. Tak tanggung-tanggung, kaum pekerja ini menguasai salah satu akses vital ruas jalan tol Jakarta-Cikampek.

Aksi yang diikuti oleh seluruh buruk pabrik sekabupaten Bekasi itu dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Pusat aksi difokuskan di 7 kawasan industri seperti Ejip, Hyundai, Delta Silicon, Jababeka 1, Jababeka 2, MM 2100, dan Kawasan Gobel. (ren)

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia
Prabowo Subianto

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto minta ribuan pendukungnya tak gelar aksi unjuk rasa di depan gedung MK, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024