Dikritik, Bos RBS Tak Ambil Bonus Miliaran

Royal Bank of Scotland (RBS).
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Winning

VIVAnews- Chairman Royal Bank Scontland (RBS) Philip Hampton tidak akan mengambil bonus saham senilai 1,4 juta atau senilai Rp19,71 miliar dari bank yang dibailout itu. Hal itu mengikuti kemarahan publik dan pertentangan politik atas bonus lebih dari 1 juta pound untuk chief executive RBS.

Kemarahan atas laba bank  mulai mereda pasca penetapan gaji jutaan pond, sementara di tempat lain ribuan orang kehilangan pekerjaan mereka dalam krisis ekonomi Eropa.

Di Inggris, gaji level atas RBS dan Llyods sangat kontroversial karena kedua bank itu bailout 66 miliar pound selama krisis kredit.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

"Philip Hampton tidak akan menerima 5,17 juta saham yang diberikan pada 2009 ketika ia bergabung RBS," ujar juru bicara bank seperti yang dikutip dari Reuters.

Berdasarkan harga penutupan saham RBS 27,74 sen pada Jumat, maka saham Hampton senilai 1,4 juta pounds. Pada 2010, Hampton menerima gaji pokok 750.000 ponds dengan tidak ada tambahan bonus kinerja atau fasilitas.

Keputusan untuk tidak mengambil pemberian bonus itu terjadi setelah politisi mengkritik keputusan perusahaan untuk memberikan kepala eksekutif Stephen Hester bonus saham senilai 1 juta pound. Hester sendiri memiliki gaji pokok sebesar 1,2 juta pound.

Keputusan Chief Executive Lloyds Antonio Horta-Osario untuk melepaskan bonusnya setelah ia menghabiskan waktu bekerja pada saat cuti sakit, telah membawa tekanan lebih lanjut pada Hester untuk membuat gerakan serupa.

Saham RBS turun tajam selama 2011, setelah kehilangan separuh nilai, dan saham tetap jauh di bawah harga rata-rata 49,9 sen, di mana wajib pajak Inggris mengambil alih saham di bank.

Hester juga harus memangkas lebih dari 30 ribu pekerja sejak ia mengambil jabatan pada 2008, sebagai bagian dari restrukturisasi besar-besaran untuk menjual aset dan bisnis. (eh)

Partai konservatif yang dipimpin koalisi pemerintah mengkritik karena tidak berbuat lebih banyak untuk menahan pembayaran Hester, menghadapi serangan tak hanya dari partai buruh oposisi tapi juga anggotanya sendiri.

Ilustrasi memakai sunscreen

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Memakai sunscreen atau tabir surya saat keluar rumah sangat penting, terlebih Indonesia merupakan negara tropis yang 'bersahabat' dengan sinar matahari.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024