Sofjan: Upah Buruh Selalu 5% di Atas Inflasi

Sofjan Wanandi, Ketua Umum APINDO
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wannadi menegaskan sejak dirinya memimpin Apindo sembilan tahun yang lalu Apindo telah mengubah posisi buruh dari pekerja menjadi partner pengusaha.

Kecanduan Onani Berdampak Pada Pikiran dan Gaya Bicara, Begini Kata dr Boyke

Apindo menginginkan buruh memiliki kehidupan yang layak tanpa membebani biaya produksi pengusaha.

"Sejak kami memimpin Apindo, kami minta anggaran dasar Apindo mengubah status buruh dari pekerja kami ubah menjadi partner," kata Sofjan dalam acara 60 Tahun Apindo di Jakarta, Selasa malam 31 Januari 2012.

Sofjan menjelaskan untuk masalah penetapan upah, Apindo melalui Dewan Pengupahan selalu menaikkan upah minimum di atas inflasi plus 5 persen. Dengan kenaikan upah di atas inflasi itu, pengusaha menginginkan kehidupan buruh dapat menjadi lebih baik.

Sofjan membantah dalam kasus upah buruh, Apindo membela pengusaha besar. Menurutnya Apindo membela pengusaha-pengusaha kecil yang selama ini tidak bisa bersuara dan memberikan mandat kepada Apindo.

Ia meminta pemerintah, pengusaha dan buruh untuk membuktikan hukum masih ada. Jangan karena ada pemilihan kepala daerah, bupati yang berkuasa kampanye besar-besaran dan langsung menaikkan upah minimum kabupaten/kota (UMK).

"Tidak boleh begitu. Ini tidak benar. Saya sebenarnya kasihan dengan teman-teman pengusaha kecil. Kita membutuhkan perusahaan kecil dan menengah untuk pemerataan," katanya.

Ia melihat demonstrasi memblokir jalan tol di Bekasi beberapa waktu lalu akan ditiru buruh-buruh di daerah lain seperti di Medan dan Batam untuk memaksa pemerintah menyetujui apa yang dimaui buruh. Padahal pemerintah, buruh dan pengusaha telah mempunyai Dewan Pengupahan untuk membahas upah buruh.

"Tahun depan tahun pemilu. Saat ini kami dituntut kenaikan 30 persen, tahun depan bisa 100 persen. Bagaimana mau bersaing dengan luar negeri? Lebih untung menjual barang impor," katanya. (kd)

Logo Apple.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Apple has announced an upcoming enhancement to existing repair processes that will enable customers and independent repair providers to utilize used Apple parts in repair

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024