Tunggu Data AS, Indeks Asia Turun Tipis

Bursa saham di Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai

VIVAnews - Saham Asia dan mata uang utama dunia sedikit menurun pada Jumat, 3 Februari 2012, menjelang keluarnya data pengangguran di Amerika Serikat --data yang merefleksikan kesehatan ekonomi terbesar di dunia.

Kantor berita Reuters melaporkan, indeks MSCI dari saham-saham Asia-Pasifik selain Jepang hari ini turun 0,1 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang dibuka turun rata-rata 0,3 persen.

Saham Australia naik tipis dengan naiknya saham sektor pertambangan menyusul rencana mergernya dua raksasa tambang, Glencore dan Xstrata, dengan nilai mendapai US$80 mliar. Sentimen ini juga mengangkat saham Eropa dengan ditutup pada level tertinggi dalam enam bulan terakhir pada Kamis kemarin.

"Pada dasarnya pelaku pasar kemungkinan akan wait-and-see terhadap data tenaga kerja AS, dan langkah Yunani dalam mencapai kesepakatan penyelesaian utang," kata Masayuki Doshida, analis pasar senior di Rakuten Securities.

Pengusaha AS diharapkan bisa menambahkan 150.000 pekerjaan pada Januari, dibandingkan dengan 200.000 pada bulan sebelumnya.

Nilai tukar dolar terhadap yen Jepang di 76,16 yen, berada di dekat terendah sekitar 75,31 yen pada 31 Oktober, ketika Jepang meluncurkan intervensi besar-besaran untuk melemahkan mata uangnya. Dolar stabil terhadap euro dengan posisi US$1,3135.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024