Ekonom dan Entrepreneur: 2012 Lebih Cerah

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia : Pembangunan Rusun
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kalangan ekonomi dan entrepreneur optimistis kondisi perekonomian tahun 2012 bakal lebih cerah. Keyakinan tersebut diperoleh dari hasil survei yang diadakan Wall Street Journal terhadap 49 ekonom dan survei Kauffman Foudnation and LegalZoom terhadap 800 orang entrepreneur.

Seperti dikutip dari laman forbes.com, Jumat, 17 Februari 2012, kalangan ekonomi memperkirakan sebanyak 2 juta pekerjaan baru akan tercipta pada tahun ini. Sementara jumlah pengangguran hingga Desember ditaksir mencapai 8 persen.

Para ekonom juga memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) dunia akan tumbuh sebesar 2,5 persen. Capaian ini meningkat dibandingkan setahun sebelumnya sebesar 1,6 persen.

Diakui ekonom, pertumbuhan ekonomi ini memang masih sangat lambat dibandingkan harapan sejumlah pihak. Namun, perkiraan dalam beberapa bulan ini ini juga dianggap lebih berani dibandingkan yang lainnya.

Sementara itu, kalangan entrepreneur yang menjadi objek survei Kauffman Foundation memperkirakan 81 persen perusahaan mereka akan mengantongi untung pada tahun 2012.

Survei berjudul Startup Confidence Index juga melaporkan 68 persen entrepreneur optimistis ekonomi akan membaik atau paling tidak sama dengan tahun sebelumnya.

Sebanyak 43 persen entrepreneur juga yakin permintaan konsumen pada tahun ini akan meningkat.

Vice President of Reserach and Public Kauffman Foundation, Robert Litan, sependapat bahwa survei yang mereka lakukan hanya memonitor satu sisi dari keseluruhan. (eh)

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024