50% Transaksi Perbatasan Pakai Ringgit & Peso

Warga di perbatasan Indonesia-Malaysia
Sumber :
  • Bayu | Pontianak (antv)

VIVAnews - Bank Indonesia menyatakan perederan rupiah di daerah perbatasan sangat memprihatinkan. Sebab, penggunaan rupiah sebagai alat tukar tak sampai 50 persen.

"Sisanya menggunakan ringgit dan peso," kata Deputi Gubernur BI Ronald Waas di penandatanganan kerja sama Bank Indonesia dengan Angkatan Laut, di Cilangkap, Rabu 22 Februari 2012.

Ronald mengatakan, sedikitnya distribusi rupiah terjadi karena banyak tenaga kerja di wilayah perbatasan dibayar menggunakan ringgit Malaysia atau peso Filipina.

Karena itu, Bank Indonesia menggandeng TNI Angkatan Laut guna mendistribusikan rupiah di wilayah perbatasan dan terpencil. Penandatanganan piagam kesepakatan ini dilakukan oleh Ronald dan Kepala Staf Angkatan Laut Lakasamana TNI Soeparno.

Dalam kerjasama ini, nantinya TNI AL akan mendistribusikan uang hingga Rp7 miliar. Langkah ini dinilai efektif dan bisa meningkatkan jumlah rupiah di wilayah perbatasan. "Kami sudah melakukan uji coba pendistribukan uang, hasil sangat bermanfaat jadi ditindaklanjuti lagi," kata Ronald.

Dia mengatakan, pendistribusian ini setahun dua kali. "Kami melakukan penukaran uang lama dan menambah peredaran rupiah," katanya

Dia menjelaskan, dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia tersebar lebih dari 17.499 pulau dan berbatasan dengan 11 negara tetangga, maka upaya pendistribusian dan layanan kas di wilayah kepulauan, khusus pulau terpencil dan terluar sangat susah.

"Ini pengalaman bagi kami berada di kapal perang selama tujuh  hari, tapi ini mendapat apresiasi yang sangat positif dari masyarakat setempat," kayanya.

Sekedar informasi, Kerjasama BI dan TNI AL ini telah diujicobakan dua kali, yaitu perbetasan RI dengan Filipina pada 24 - 30 Juni 2011 dengan rute Bitung, Marore, Melonguane, dan Lirung, serta wilayah perbatasan RI dengan Malaysia dan Vietnam (Kab, Anambas dan Natuna) pada 18 - 24 Juli 2011 dengan mengambil rute Pulau Jemaja, Tarempa, Pulau Laut, Pulau Sekatung, Pulai Ranai, dan Pulau Subi Besar. (eh)

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025
Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024