8 Miliarder Dunia Pemilik Pulau Pribadi (2)

Pulau solomon
Sumber :

VIVAnews - Uang banyak, banyak juga yang bisa dibeli. Termasuk pulau. Dan bagi sejumlah miliarder dunia, membeli pulau bukan saja bisa mendongkrak gengsi, tapi juga bisa menghasilkan uang. Jadi lahan bisnis baru. Dan itulah yang dilakukan pewaris raksasa bisnis kosmetik L'Oreal, Liliane Bettencourt.

Liliane berhasil membuat catatan dengan menjual pulau pribadi, Seychelles, dengan nilai US$60 juta. Belum lama ini, miliarder pemilik Oracle, Larry Ellison juga telah membeli sebuah pulau terbesar keenam di Hawaii, AS, senilai setengah miliar dolar AS.

Dikutip dari laman CNBC, berikut adalah delapan miliarder dunia yang memiliki pulau pribadi di sejumlah negara di dunia. Siapakah pemilik pulau pribadi paling mahal dan terluas diantara mereka? (untuk melihat empat miliarder lain, klik )

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

4. Allan Island, Washington, AS

Billionaire Toys Paul Allen
Pemilik: Paul Allen
Perkiraan nilai: US$13,5 juta

Salah satu pendiri Microsoft yang juga miliarder, Paul Allen berencana menjual Allan Island yang dibelinya pada 1992. Pulau seluas 118 hektare ini dijual seharga US$13,5 juta atau turun dari penawaran awal senilai US$25 juta pada 2005.

Allen diketahui membeli pulau tersebut sebagai rumah peristirahatan walau pada akhirnya dia memutuskan membeli lahan di Pulau Island pada 1992 untuk membangun tempat tinggal.

Pulau ini sebagian besar belum dikembangkan dan hanya terdapat sebuah kabin dari kayu, dok, serta landasan pacu dari rumput seluas 2.400 kaki. Tak hanya itu, pulau ini juga tak memiliki pasokan listrik dan dibutuhkan biaya US$3 juta untuk membuat saluran listrik.

3. Robins Island, New York

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Pemilik: Louis Moore BaconĀ 
Nilai pembelian: $11 juta

Pada lelang tahun 1993, penasihat keuangan Wall Street, Louis Moore Bacon menjual pulau pribadi eksotis Robins Island senilai US$11 juta.

Bacon diketahui telah menginvestasikan dana hingga jutaan dolar AS untuk merestorasi pulau seluas 17 hektare di lepas pantai Long Island, New York tersebut. Ketika membeli pulau tersebut, Bacon juga menyumbangkan US$1,1 juta kepada lembaga Nature Conservancy untuk mengawasi spesies langka dan hampir punah di pulau itu.

Di pulau tersebut, miliarder ini juga membangun rumah istirahat bagi keluarganya lengkap dengan helipad.

2. James Island, Canada

Pemilik: Craig McCaw
Perkiraan nilai: US$75,1 juta.

Setelah 18 tahun mentransformasi pulau pribadinya, British Columbia's James Island, menjadi kawasan pulau eksklusif, miliarder telekomunikasi Craig McCaw berencana menjual asetnya itu seharga US$75,1 juta.

McCaw membeli pulau seluas 315 hektare di lepas pantai Vancouver Island seharga US$19 juta pada 1994. Pada tahun yang sama, dia dan saudaranya menjual bisnis komunikasi seluler ke AT&T senilai US$12,6 miliar.

Di pulau tersebut, miliarder ini membangun bangunan utama seluas 464 meter persegi, enam pondok tamu, kolam renang, dok pribadi, dan landasan udara serta lapangan golf 18 lubang. Di pulau ini, McCaw menyalurkan pembangkit listrik bawah tanah, menggunakan kendaraan listrik, serta larangan merokok.

Ledakan buble dotcom telah membawa masalah keuangan McCaw yang menggiringnya untuk menjual pulau itu seharga US$70 juta pada 2001. Namun pada 2003, harga pulau itu merosot ke level US$49 juta. Sejumlah tamu terkenal pernah mengunjungi pulai tersebut seperti produsen musik Quincy Jones and David Foster, dan pendiri Microsoft, Bill Gates.

1. Sampson Cay, The Bahamas

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Pemilik: John MaloneĀ 
Perkiraan nilai: tak diketahui

John Malone mengambil alih tahta sebagai pemilik pulau pribadi terluas di AS setelah membeli areal seluas 890 ribu hektare pada 2011. Dia kini menjadi pemilik Sampson Cay, di sebuah kawasan di kepulauan Bahama

Areal seluas 12 hektare kini telah menjadi rumah dan marina yang dibangun ulang pada 2002. Tarif untuk tinggal di resort itu mencapai US$8,000 per pekan.

Sayangnya sedikit sekali informasi yang diperoleh mengenai sepak terjang miliarder pemilik bisnis media ini ketika memutuskan membeli sebuah pulau. Namun, miliarder ini merupakan salah satu dari sejumlah orang ternama yang membeli pulau di kepulauan Exuma Cays.

Nama terkenal lain yang memiliki pulau pribadi di kepulauan ini adalah pemilik LVMH, Bernard Arnault, pesulap David Copperfield, dan aktor Johnny Depp. (ren)

PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024