Dahlan Iskan Yakin RI Akan Jadi Negara Maju

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2011, Proyek Jalan Layang Non Tol
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Indonesia kini tercatat sebagai negara yang mengalami pertumbuhan jumlah individu dengan kekayaan tertinggi di Asia. Bahkan, negeri ini diprediksi akan terus mengalami pertambahan populasi miliarder dengan laju tercepat di kawasan ini.

Dari data ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yakin, Indonesia akan menjadi negara maju dan besar dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Dahlan menunjukkan bukti-bukti jika saat ini sudah ada 136 juta orang Indonesia yang sudah tidak miskin lagi.

"Saya belum menyebut, 136 juta orang itu kelas menengah ke atas. Tetapi umumnya, sudah tidak miskin lagi," kata Dahlan di sela Dies Natalis Ke-50 Universitas Udayana Denpasar, Sabtu 29 September 2012.

Jumlah tersebut, sambung Dahlan, merupakan kelompok yang sudah tidak memikirkan pemenuhan kebutuhan dasarnya lagi. Di sisi lain, kelompok ini susah diajak hidup hemat, susah diajak menderita lagi, tidak suka sesuatu yang lambat, mereka ingin cepat. Selain itu, mereka juga sangat vokal dalam mengeluarkan pikiran dan pendapat baik melalui diskusi, media sosial, dan sarana lainnya.

"Percuma pemerintah mengimbau hemat BBM, percuma disuruh hemat listrik, percuma disuruh kencangkan ikat pinggang. Itu tidak mempan. Dan ini ciri mereka yang sudah tidak miskin lagi," papar Dahlan.

Sayangnya, kata Dahlan, perubahan yang begitu cepat ini tidak dibarengi dengan reformasi birokrasi yang cepat. Dia menilai pemerintah dan birokrasi masih jalan di tempat. "Masih terlalu banyak rapat-rapat, laporan-laporan, perjalanan dinas dan hal kontra-produktif lainnya."

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Bagi Dahlan, hal ini lah yang bisa membuat Indonesia berada pada simpang tiga. Pertama, bisa sangat maju.  Kedua, bisa semakin mundur, dan ketiga hanya berjalan di tempat.

"Filipina contohnya. Ketika Indonesia masih miskin, mereka sudah jadi negara berkembang dan menengah. Sekarang, ketika Indonesia sudah menjadi negara berkembang, mereka malah semakin mundur, dan lebih miskin dari Indonesia," ujar Dahlan.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Menurut mantan Dirut PLN tersebut, Indonesia punya modal besar untuk dapat naik kelas menjadi negara maju. Bahkan, Dahlan yakin Indonesia bisa masuk menjadi negara maju 10 besar dunia.

Selain kelompok 136 juta orang yang tidak miskin lagi, modal yang bisa menjadikan Indonesia naik kelas dan maju adalah pertumbuhan ekonomi makro dan mikro.

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Pertumbuhan ekonomi Indonesia praktis di atas 6 persen selama 8 tahun terakhir. Saat ini, skala ekonomi Indonesia sudah masuk G-20, yang berarti skala ekonomi Indonesia sudah masuk kelompok negara-negara besar dan sudah urutan ke-15.

“Dalam 5 sampai 10 tahun bisa lebih maju lagi menjadi urutan ke-7. Untuk itu, reformasi di bidang politik, birokrasi akan menjadi faktor penting untuk menentukan Indonesia dalam 5 sampai 10 tahun ke depan,” tegas Dahlan.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024