Dahlan Iskan Promosi Umbi Porang

Dahlan Iskan melihat tanaman porang
Sumber :
  • VIVAnews/ Tudji Martudji

VIVAnews - Umbi porang yang ditanam di lahan Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Nganjuk BKPH Tritik, Jawa Timur, memiliki nilai jual yang cukup menguntungkan bagi petani. Hal ini diutarakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, saat mengunjungi tempat itu pada Minggu, 6 Januari 2013.

"Harga jualnya bagus, rata-rata Rp2.800-Rp3.000 per kilogram dalam kondisi basah. Jika rata-rata lahan bisa menghasilkan 10-15ton per hektare, petani akan mendapat keuntungan sekitar tiga puluh juta rupiah per hektare," ujarnya melalui Humas BUMN, Faisal Halimi, kepada VIVAnews, Minggu 6 Januari 2013.

Umbi porang (Amorphophallus oncophillus), atau iles-iles dalam bahasa Jawa, berguna untuk bahan industri dan makanan, seperti lem, pengganti media tumbuh mikroba, campuran kertas agar kertas menjadi lemas, pengental sirup, dan campuran obat. Para petani memiliki lahan seluas 1-3 hektare untuk menanam umbi ini, bahkan ada yang memiliki lahan seluas 5 hektare di lahan milik Perum Perhutani.

Penanaman umbi porang di lahan milik Perum Perhutani ini merupakan proses tumpangsari yang diharapkan BUMN untuk dapat menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bagi Perum Perhutani, pembinaan kepada petani umbi porang sangat membantu keamanan hutan. Para petani tidak mencuri kayu, tetapi memanfaatkan lahan tumpangsari.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024