Kemendag: Wajar Importir Daging Untung Besar

Ilustrasi pedagang daging.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, mencermati bahwa keuntungan yang dinikmati para importir daging memang bisa amat besar mengingat ada perbedaan harga yang sangat jauh di negara-negara lain.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

“Materi itu sama semua di seluruh dunia. Jadi bisa kita bayangkan selisihnya itu bisa sampai 5 dolar per kilo. Kalaupun impor kan biaya pokoknya tidak seberapa, tidak akan terlalu jauh lah,”  ujar Bayu dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin 4 Februari 2013.

Kenaikan harga daging sapi di dalam negeri saat ini, menurut Bayu, karena keinginan dari masyarakat tidak terakomodasi dengan baik oleh jumlah daging sapi yang tersedia di pasaran.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Menurut Bayu, jika keuntungan yang dinikmati para importir sangat tinggi memang sangat wajar. Hal itu pun tidak melanggar hukum, karena memang tidak ada aturan mengenai permasalahan ini.

Pemerintah, lanjut Bayu, sejauh ini baru bisa melakukan tindakan tegas jika kenaikan harga terjadi karena perilaku monopoli pasar oleh salah satu perusahaan.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

“Jika timbul dari perilaku monopoli kita bisa terapkan undang-undang persaingan usaha,” kata Bayu.

Sebelumnya, harga daging sapi di Indonesia saat ini mencapai Rp95 ribu rupiah per kilogram. Harga ini merupakan harga eceran di tingkat konsumen yang paling tinggi di dunia. Di kawasan Asia, harga daging sapi di Indonesia bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang harga daging sapinya hanya US$ 4-5 dolar per kilogram. (eh)

Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024