10 Pendonor Amal Terbesar di AS

Warren Buffet
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVAnews - Chronicle of Philantropy merilis jumlah amal 50 pendonor dana kemanusiaan yang mencapai US$7,4 miliar. Guru investasi dunia, Warren Buffett, tercatat mendonasikan uang untuk amal terbanyak dengan US$3,08 miliar.

Dilansir Forbes, jumlah donasi 50 pendonor sepanjang 2012 turun dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$10,4 miliar. Mulai dari Warren Buffett, Mark Zuckerberg hingga Steven Spielberg tercatat dalam 50 orang pendonor terbanyak Amerika Serikat.

Warren Buffett (82) mendonasikan uangnya ke tiga yayasan yang dikelola anak-anaknya. Howard G Buffett Foundation dikelola putra tertua, NoVo Foundation dikelola oleh putra bungsu dan Sherwood Foundation dikelola oleh putrinya.

Yayasan yang dikelola oleh anak-anak orang terkaya kedua di dunia versi Forbes ini mendanai berbagai peristiwa kemanusiaan, dari konflik di Kongo hingga antiperdagangan seks di India.

Selain itu, Buffett yang mempunyai kekayaan sebesar US$46 miliar, bersama Bill Gates dalam organisasi The Giving Pledge, berkomitmen untuk menyumbangkan sedikitnya setengah dari kekayaannya sebelum mereka mati.

Forbes menghitung Buffett telah menyumbangkan US$9,5 miliar dalam bentuk saham Berkshire Hathaway kepada Bill & Melinda Gates Foundation. Jumlah itu tidak dimasukkan dalam donasi untuk yayasan yang dikelola anak-anaknya.

Pendonor terbesar kedua adalah Mark Zuckerberg (28) dan istrinya, Priscilla Chan (27). Bergabung bersama The Giving Pledge, mereka menyumbang 18 juta lembar saham Facebook senilai US$500 juta ke Silicon Valley Community Foundation.

Yayasan tersebut antara lain membantu pembangunan perumahanan terjangkau bagi tunawisma, program pelatihan guru, membantu imigran belajar Bahasa Inggris, dan pelayanan hukum. Zukerberg memiliki kekayaan US$9,6 miliar dan berada di posisi 36 dalam Forbes 400.

Peringkat ketiga adalah John dan Laura Arnold. John merupakan pendiri perusahaan investasi, Centaurus Energy, sedangkan Laura Arnold adalah pengacara. Keduanya mendonasikan US$423 juta ke berbagai yayasan, termasuk ke Laura and John Arnold Foundation sebesar US$251,2 juta.

Centaurus Energy memiliki aset US$5 miliar pada 2012. Arnold di posisi 132 dalam Forbes 400 dengan total kekayaan US$3 miliar.

Dari 50 daftar pendonor amal terbesar di Amerika, 22 di antaranya masuk dalam Forbes 400. Dua nama yang dikenal pendonor amal besar, Michael Bloomberg dan Bill Gates tidak masuk dalam daftar ini.

Chronicle of Philantropy menilai metodologi Chronicle tidak menghitung donasi yang cair pada 2012, namun janji dari tahun sebelumnya. Ia menjelaskan, Bill Gates mendonasikan US$469 juta pada 2012, namun itu janji Bill Gates pada 2004.

Berikut daftar 10 orang pendonor terbesar di Amerika Serikat:

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

1. Warren Buffett (total sumbangan US$3,1 miliar).
2. Mark Zuckerberg dan Prischilia Chan (US$469,8 juta).
3. John dan Laura Arnold (US$423,4 juta).
4. Paul Allen (US$309,1 juta).
5. Sergey Brin dan Anne Wojcicki (US$222,9 juta).
6. Mortimer Zuckerman (US$200 juta).
7. Fred Fields (US$191,5 juta).
8. Carl Icahn (US$150 juta).
9. Sheldon dan Miriam Adelson (US$143 juta).
10.David Gundlach (US$140 juta).

(art)

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia
Meiska

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Lagu Badut menggambarkan kisah seseorang yang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat dan merugikan dirinya sendiri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024