Raih Jutaan Rupiah dari Bisnis Brownies Sayur Kukus

Brownies sayur kukus Brosaku.
Sumber :
  • VIVAnews/Daru Waskita (Yogyakarta)
VIVAnews
Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum
- Terinspirasi oleh pesan dalam tayangan di acara "Bosan Menjadi Pegawai", salah satu program di televisi, wanita muda ini memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai reporter salah satu radio swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dia lalu memutuskan untuk menggeluti bisnisnya, menjual kue brownies sayur kukus.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Ana Risinawati (25) kepada
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
VIVAnews, Senin 29 April 2013, menuturkan bahwa ia memulai usaha kecil-kecilannya pada 2011 dengan modal awal Rp2 juta.


"Setelah saya punya anak kecil, susah untuk meninggalkan anak. Apalagi pekerjaan reporter tak kenal waktu. Maka, saya putuskan untuk berhenti dari dunia jurnalis dan memulai usai berjualan kue brownies sayur kukus," ujar Ana.


Bisnisnya pun cukup cepat mendapat sambutan pasar. Ini berkat promosi yang dilakukan kepada teman, konsumen awal, serta iklan di internet.


Ana menjelaskan, perbedaan brownies sayur kukus ini dengan brownies cokelat adalah dari cara pembuatannya. Lapisan atas brownies buatannya itu diberi adonan yang terbuat dari sayur.


"Ada beberapa varian brownies kukus, mulai dari brownies kukus sayur jagung, wortel, selada, brokoli, dan tomat," kata Ana.


Setiap satu loyang brownies sayur kukus dijual dengan harga Rp20 ribu. Menurut Ana, keuntungan yang diperoleh dari setiap loyang itu sekitar 20 persen atau Rp4.000


"Kalau hari biasa dalam satu bulan bisa memenuhi pesanan hingga 100 loyang. Namun, saat ramai, dalam satu bulan pesanan bisa mencapai 250 loyang," tuturnya.


Karena promosi juga dilakukan melalui iklan di internet, maka pesanan bisa datang dari luar Yogyakarta. Ana mengaku tak segan melayani pengiriman produknya hingga ke luar kota. Namun, sejauh ini pesanan tetap lebih banyak dari Yogyakarta.


"Banyak dari teman yang pesan jika ada acara di rumahnya," ujarnya.


Produk brownies sayur kukus buatannya itu diberi nama "Kue Brownies Brosaku". Ana menjelaskan, pembuatannya terbilang sangat mudah dan hanya perlu pemikiran yang kreatif, karena selama ini kue brownies lebih banyak unsur cokelatnya.


"Penikmat kue tak menyangka jika yang dimakan mengandung sayuran yang kaya vitamin," kata Ana.


Amin, salah satu konsumen brownies sayur kukus ini, mengaku sangat suka dengan rasa kue ini, terutama pada lapisan atasnya yang terbuat dari adonan sayur. "Rasa sayurnya juga tak kentara. Pokoknya enak," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya