VIDEO: Pria Ini Raup Ratusan Juta dari Ular Berbisa

industri kulit ular kapetakan
Sumber :
  • amusingplanet.com
VIVAnews -
Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir
Bagi sebagian orang, ular berbisa adalah jenis hewan yang menakutkan. Namun di tangan seorang warga Pati, Jawa Tengah, ular berbisa justru mendatangkan rezeki ratusan juta.

Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional

Suwardi menekuni usaha yang tidak biasa, yaitu mengumpulkan dan mengolah ular berbisa. Meski beresiko tinggi karena bersentuhan langsung dengan ular-ular itu, keuntungan yang diraih Suwardi tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan.
Apple Luncurkan iPad Pro Pakai Chipset M4, Segini Harganya


Suwardi membeli ular dari para pemburu dengan harga yang bervariasi. Untuk satu ekor ular kobra, Suwardi membeli Rp13-16 ribu per ekor. Suwardi lalu mengolah ular tersebut dengan menjual kulitnya seharga Rp20 ribu per lembar, sementara dagingnya dijual Rp25 ribu per kilogram.


"Awalnya saya mencari sendiri ularnya, lalu diolah dan dijual. Lalu lama-lama usaha saya membesar, ada yang menjual ular ke tempat saya. Semakin besar, lalu saya membuat nama UD Naga Puspa," katanya.


Suwardi tidak kesulitan untuk menjual kulit dan daging ular, karena telah ada para pengusaha asal Semarang dan Surabaya yang siap membeli hasil olahannya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya