First Position Bidik Billing Iklan Rp500 Miliar

Iklan Baris Gratis
Sumber :
VIVAnews
Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 
- Perusahaan advertising lokal, First Position, bidik billing
Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus
iklan sebesar Rp500 miliar.
5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

"Pada tahun keempat sejak perusahan berdiri, billing
kami 0.2-0,5 persen. Target kami tahun ini bisa mencapai 1 persen dari pemasang iklan dalam negeri  untuk berbagai media," kata President Director PT Menara Karya Global, perusahaan advertising First Position, Herman Ari Saptono, di ajang Indonesia Brand Forum di Jakarta, Senin 20 Mei 2013.


Menurut Ari, dari sekitar 304 perusahaan advertising yang terdaftar di Asosiasi Perusahaan Periklanan Indonesia pada 2008, perusahaan lokal memang lebih banyak yakni sekitar 70 persen dan asing 30 persen. Tapi secara
billing
, justru sebaliknya, asing memegang porsi 70 persen dan lokal 30 persen. Dan Ari di antara perusahaan lokal yang ada, First Position berada di urutan 15 besar.


Menurut Ari, dengan kuantitas yang demikian besar, perusahaan lokal seharusnya bisa lebih menguasai pasar. Dia melihat ada beberapa kelemahan yang dimiliki perusahaan lokal, antara lain area pasar yang kurang luas,
lack of knowledge
, dan pemikiran yang masih sektoral.


"Kalau perusahaan asing, mereka bicara satu korporat, sehingga brand mereka kuat.  Kalau kita masih ego individu yang dikedepankan," ujarnya.


Sebagai perusahaan lokal, First Posisition ingin berperan lebih besar lagi di industri advertising. "Kami malah sekaligus ingin menjadi agen perubahan. Saatnya perusahaan lokal bangkit dan bersaing dengan perusahaan asing. Paling tidak perusahaan lokal bisa mengambil
billing
50 persen," tegasnya.


Apalagi, kata dia, prospek bisnis ini sangat cerah karena pasar terus bertumbuh setiap tahun. Dia mengambil ilustrasi, untuk media di televisi saja terdapat 15 ribu spot iklan per hari atau dalam 1 menit setiap individu di sajikan +/- 10 spot iklan.  "Itu hanya iklan televisi, belum termasuk radio, majalah, koran, reklame dan lainnya. Apalagi tiap tahun bermunculan brand baru. Jadi pasarnya sangat prospektif," katanya.


Secara internal, pendapatan First Position tiap tahun mengalami kenaikan, tercatat pada 2012 naik 40 persen dibanding 2011.


Untuk bisa memenangi persaingan, First Position menerapkan 4D, yakni empat kediplinan yang meliputi disiplin waktu, disiplin pemahaman, disiplin pemikiran, dan disiplin teamwork.


Untuk memaksimalkan peran perusahaan lokal, Ari mengusulkan agar pemerintah  segera mengeluarkan ketentuan mengenai aturan main industri advertising.


"Misalnya dikeluarkan ketentuan bahwa perusahaan asing harus menggandeng mitra lokal. Di negara lain diberlakukan seperti itu. Contohnya Filipina dan Vietnam. Kita harus jadi tuan rumah di negeri sendiri," katanya. (web)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya