Dirut PLN Akan Mengundurkan Diri?

Dirut PLN Nur Pamudji
Sumber :
  • VIVAnews/ Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ada satu pernyataan mengagetkan terlontar dari salah satu bos perusahaan pelat merah. Direktur Utama PT PLN (Persero), Nur Pamudji, berniat mundur dari jabatannya di PLN.

Benarkah demikian? Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, membenarkan hal itu. Bambang mengatakan bahwa beberapa minggu yang lalu, Nur menyampaikan curahan hatinya kepada Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

"Intinya, waktu tiga minggu yang lalu, Pak Nur konsultasi ke Pak Dahlan terkait dengan adanya dugaan-dugaan korupsi oleh PLN, padahal kami meyakini bahwa mereka bersih," kata Bambang kepada VIVAnews.

Dugaan korupsi yang dimaksud merujuk kepada kriminalisasi lima pegawai PLN yang diduga melakukan korupsi pada proyek pengadaan flame turbine di dua belas pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) di Belawan, Medan, pada 2007-2009.

Kata Bambang, apabila ada pegawai PLN yang terbukti terlibat korupsi, Nur rela karyawannya dijebloskan ke dalam penjara.

"Kalau perlu, Pak Nur yang melaporkannya sendiri. Tapi kalau mereka tidak melakukan korupsi, lalu dituduh seperti itu, ya, orang juga akan takut bekerja di PLN," kata Bambang.

Itulah alasan Nur memilih menanggalkan jabatannya sebagai orang nomor satu di PLN. "Kalau PLN dipimpin orang yang bisa memberikan perlindungan hukum kepada karyawannya, Pak Nur ikhlas untuk diganti," kata dia.

Seperti yang diketahui, Nur dipilih sebagai bos PLN pada tahun 2011. Sebelumnya, dia menjabat sebagai direktur energi primer PLN. Pria asal Malang, Jawa Timur ini menggantikan Dahlan yang kala itu ditunjuk menjadi menteri BUMN.

Pria ini juga dikenal sebagai sosok yang bersih, antisuap, menjadi salah satu tokoh antikorupsi 2013 versi Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA), selain Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Tentu saja dugaan korupsi yang dilayangkan kepada PLN mengusik Nur.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Dahlan pun membeberkan alasan Nur ingin mengundurkan diri. Mantan bos PLN itu menyebut Nur merasa gelisah dan cemas sebab para teknisi di PLN sering terancam. Mendapat laporan itu, Dahlan melapor ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Berikut pernyataan tertulis Dirut PLN Nur Pamudji Jumat 6 Desember 2013:

"Sekitar 3 minggu lalu, 12 November 2013, saya SMS lalu jumpa P Dahlan (Pak Dahlan). Saya laporkan sbb (sebagai berikut): kalau ada pegawai PLN yang nyolong, terima suap, korup, saya sendiri yang akan memborgolnya. Tapi, pegawai yang kerja baik dan profesional, harus bisa kerja dengan tenang. Sebab itu Dirut PLN harus piawai melindungi para pegawainya dari persoalan hukum dan saya ikhlas mundur untuk digantikan oleh Dirut baru yang piawai tersebut agar para profesional di PLN bisa bekerja dengan tenang."

(umi)

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya
Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024