Keindahan Dubai, dari Gurun Pasir Jadi Kota Modern

Kota Dubai
Sumber :
  • Business Insider
VIVAnews
Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya
- Beberapa landskap Dubai benar-benar berubah dalam waktu begitu singkat, dari sebelumnya hanya gurun pasir panas dan tandus. Dubai telah bermetamorfosis.
Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Dilansir
Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta
Business Insider , Selasa 28 Januari 2014, beberapa dekade lalu, medan kota Dubai terdiri atas dataran berpasir dan bukit tinggi. Lebih jauh ke pedalaman terhampar Pegunungan Hajar yang tandus.

Namun, dalam 20 tahun terakhir, Dubai telah berubah dan menjadi salah satu kota besar di dunia yang dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit. Berikut ini adalah penampakan kota Dubai pada abad 21.

1. Geografi modern kota Dubai saat ini

Kota Dubai

Foto di atas adalah gambaran kota modern Dubai yang tampak dari timur laut ke pantai. Pada latar depan adalah distrik Dubai Marina, yang dalam banyak hal berfungsi sebagai kota sendiri.


Jumeirah Beach membentang hingga Burj Al Arab Hotel, pemandangan terbesar di situ adalah gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.


Sisi lain dari pusat kota adalah bandara internasional. Di bandara ini, maskapai penerbangan seperti Emirates lokal mengoperasikan puluhan penerbangan ke Dubai setiap hari.


2. Dubai berkabut


Kota Dubai


3. Downtown Dubai


Kota Dubai


Penampakan dominan di sini adalah gedung Burj Khalifa yang memiliki 124 lantai. Pada bagian bawah gedung tertinggi di dunia itu masih dalam tahap konstruksi. Rencananya dibangun kompleks
mixed use
, Downtown Dubai, yang diperkirakan memiliki kapitalisasi pasar US$20 miliar.


4. Kota yang dibangun

Kota Dubai


Kecepatan pembangunan kota Dubai memang mengesankan. Seorang fotografer mencatat pada tahun 2000-an, bangunan pencakar langit di kota Dubai hanya ada 6 gedung. Tetapi, pada 2012, gedung pencakar langit yang sedang dalam tahap pembangunan mencapai 90 gedung.


5. Dubai Marina


Kota Dubai


Gedung-gedung pencakar langit yang menjadi ikon kota Dubai sebagian besar berada di distrik Dubai Marina.


6. Burj Khalifa di malam hari


Kota Dubai


Bangunan tertinggi di dunia ini selesai dibangun pada 2009 dengan ketinggian 829,8 meter. Desain Burj Khalifa menggabungkan pengaruh regional dan Islam.


7. Pencakar langit


Kota Dubai


Burj Khalifa hadir untuk mendefinisikan cakrawala kota Dubai modern.


8. Canyan Tower


Kota Dubai


Canyan Tower memiliki ketinggian 306 meter. Ini adalah gedung apartemen yang terletak di Dubai Marina. Apartemen ini menjadi salah satu gedung pencakar langit yang dipamerkan di Dubai.


9. Pekerja di Dubai


Kota Dubai


Dubai dibangun oleh ratusan ribu pekerja, sebagian besar berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di Dubai, kehidupan mereka sangat kontras dengan kemewahan gedung-gedung pencakar langit yang ada.


10. Burj Al Arab


Pemandangan Kota Dubai


Gedung ini adalah hotel paling mewah di dunia. Hotel ini berdekatan dengan Jumeirah Beach yang dihubungkan dengan sebuah jembatan. Sewa kamar di hotel ini mulai US$1.800 per malam.


11. Pasir dan langit kota Dubai


Kota Dubai


Dua dekade telah mengubah kota Dubai menjadi sangat monumental, dari padang pasir tandus menjadi kota modern yang dipenuhi gedung pencakar langit. Lalu, di masa mendatang, seperti apakah kota Dubai? (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya