Penggunaan PIN Kartu Kredit untuk Cegah Kejahatan Perbankan

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews – Kejahatan di industri perbankan kini masih marak terjadi di Tanah Air. Selain penyalahgunaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), juga banyak terjadinya penipuan kartu kredit.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Selain peran pribadi yang harus menjaga kartu kredit dari kelalaian, Bank Indonesia akan menerapkan kebijakan baru per 1 Januari 2016.

"Pemerintah tahu kok tentang itu. Dan, per 1 Januari 2016 sudah pakai PIN (personal identification number) semua," kata Deputy Head Country Marketing Strategy and e-Business Citibank Indonesia, Safitri Damajanti, saat ditemui di Pacific Place, Jakarta, Jumat 6 Juni 2014.

Menurut Safitri, untuk mencegah terjadinya penipuan kartu kredit, Bank Indonesia mulai 1 Januari 2016 akan menerapkan aturan bahwa semua transaksi kartu kredit tidak lagi menggunakan tanda tangan, melainkan PIN.

"Dulu kan debit card yang begitu. Sekarang, kartu kredit juga begitu. Ya, kalau orang tahu PIN kita, ya salah kita dong," tuturnya.

Safitri juga mengatakan bahwa sebenarnya semua industri perbankan sedang mengarah pada peningkatan keamanan penggunaan kartu. Nasabah akan berpindah dari penggunaan tanda tangan menjadi kode PIN saat melakukan transaksi kartu kredit. Upaya ini merupakan bentuk untuk memerangi kejahatan perbankan.

"Tanda tangan itu kan rawan dipalsu. Untuk memerangi pembajakan, ya seperti itu. Itu salah satu upaya yang bagus untuk melindungi nasabah," tambahnya. (art)

Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Dari keenam orang yang jadi tersangka diantaranya adalah selebgram yakni Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024