Ribuan Pohon Cengkeh Mati Terserang Hama, Petani Merugi

Cengkeh
Sumber :
  • http://raxacollective.files.wordpress.com
VIVA.co.id
Cukai Rokok Naik, Bagaimana Nasib Petani Cengkeh?
- Penghasilan para petani cengkeh yang mendiami Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, terus mengalami penurunan sejak 2006 hingga 2015, setelah puluhan ribu anakan dan pohon cengkeh milik mereka terserang hama misterius.
Tiga Ramuan Cengkeh Pengusir Sakit Gigi

Berbagai upaya pemberantasan hama dengan cara tradisional sudah dilakukan para petani, tetapi tidak membuahkan hasil maksimal. Sebaliknya, hama yang berbentuk cairan hitam itu malah terus menyebarkan ancamannya ke desa-desa lain yang ada di Kecamatan Teheru dan sejumlah Kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah.
Harga Cengkih Turun, Petani Terancam Merugi


Parahnya lagi, contoh hama yang diambil Dinas Pertanian Provinsi Maluku untuk diuji pada labolatorium, sampai sekarang tidak jelas hasil pengujiannya dan cara mengatasi hama tersebut.


"Fakta ini saya dapatkan saat melakukan reses di Kecamatan Teheru, para petani menangis melihat ulah hama tanaman yang mematikan cengkeh-cengkeh mereka, sementara sample hama yang diuji Dinas Pertanian sampai sekarang tidak tahu hasilnya untuk mengatasi hama-hama ini, cengkeh merupakan nadi ekonomi para warga di Pulau Seram," ungkap Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Provinsi Maluku, Habiba Pellu, kepada
VIVA.co.id
di ruang kerjanya, Senin 26 Januari 2015.


Di tempat terpisah, Kepala Kantor Camat Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Abdul Latif menceritakan hama yang menyerang batang dan daun cengkeh para petani sudah menjalar di lima desa dan terus meluas ke desa-desa lainnya.


"Ini sangat berbahaya bagi petani cengkeh yang ada di Pulau Seram, jika tidak dicari cara untuk mengatasinya. Petani tidak tahu jenis hamanya, tapi di lapangan, hama ini semacam cairan aspal yang melekat di pohon," ungkap Abdul.


Dia memaparkan, pada tahun 2005, hama ini baru terlihat di Desa Lapa, dan selanjutnya menyebar di ke Desa Wolu, Teluti Baru.


"Seper dua tanaman dari tiap desa sudah habis, mati mengering setelah cairan itu menempel di pohon cengkeh, petani tidak bisa berbuat banyak sampai sekarang ini," ungkap Abdul.


Dia menambahkan, para petani tidak bisa menanam anakan yang baru, karena hama hama juga menyerang anakan pohon yang baru ditanam, meskipun usianya baru beberapa bulan. (ren)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya