Banjir Tak Pengaruhi Bisnis Properti di Jakarta

Ilustrasi apartemen mewah
Sumber :
  • One57.com
VIVA.co.id -
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
Banjir yang melanda Ibu kota Jakarta beberapa hari ini, tidak membuat bisnis properti di Jakarta melemah. Sebab, permintaan apartemen tetap meningkat.

Metland Menteng Pasarkan Rumah Tipe Baru

Kepala Konsultan Bidang Riset Savills PCI (Property Connection Indonesia), Anton Sitorus, Rabu 11 Februari 2015, mengatakan bahwa banjir dalam beberapa hari ini tak begitu berpengaruh secara signifikan terhadap bisnis properti di Indonesia, khususnya Jakarta.

"Permintaan masih baik, kemudian mungkin malah ada pertambahan permintaan, karena beberapa warga yang rumahnya kena banjir. Mereka bisa saja menyewa apartemen," ujar Anton di Jakarta.

Pengembang Malaysia Garap Properti di Maja Rp11,29 Triliun

Untuk bisnis properti, ia melanjutkan, pertumbuhan pasar dalam beberapa tahun ke depan akan bervariasi. Tergantung sektor dan wilayah. Hal tersebut, juga dipengaruhi oleh besaran suplai yang akan masuk ke pasar.

Sebagai contoh, Anton menjelaskan, di sektor perkantoran komersial, tingginya pasokan baru dalam empat tahun ke depan diproyeksikan akan menarik permintaan tenant (penyewa) yang ingin relokasi ke gedung-gedung baru, atau melakukan upgrade ke gedung-gedung yang lebih presentatif.

Pada saat sama, pasokan ini akan mendorong persaingan di antara pemilik dan pengelola gedung yang kemungkinan akan berdampak terhadap pertumbuhan harga sewa di pasar.

Menurut Anton,kondisi properti perkantoran di Jakarta, saat ini sedikit memburuk. "Sektor office saat ini memang terpuruk dibanding apartemen, atau residensial. Bisa dikatakan, karena suplai yang banyak tapi tingkat permintaan biasa saja," kata Anton.

Dia memprediksi, akan ada pertumbuhan bisnis properti hunian residensial, khususnya apartemen.

"Apartemen akan terus tumbuh. Lihat saja, sekarang berapa banyak orang yang mau kerja di Jakarta, tetapi rumahnya di luar DKI. Mereka butuh apartemen untuk kenyamanan bekerja," kata dia. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya