Eropa Jualan Pariwisata di Jawa Timur

Wakil Gubernur Jawa Timur bersama Duta Besar Uni Eropa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

VIVA.co.id - Duta Besar Uni Eropa, Olof Skoog yang didampingi 15 diplomatnya menyambangi Indonesia, Jumat kemarin. Tujuannya kali ini bukan Jakarta melainkan Surabaya.

Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata

Kedatangan Olof untuk menawarkan berbagai program ke masyarakat Jawa Timur berupa paket wisata, kerja sama dan peluang bisnis, juga tawaran program belajar ke negaranya.

Olof menjelaskan, mereka ‎juga menggelar pameran bertajuk Destination Europe di Grand City Surabaya, berlangsung mulai 13-15 Februari 2015. Dalam acara itu dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

Dalam sambutannya, Olof, mengatakan, berbagai kemudahan untuk berkunjung ke Uni Eropa telah disiapkan dengan paket kunjungan wisata, baik rombongan atau pribadi.

Untuk mendapat informasi lengkap tersebut, masyarakat bisa menemui petugas pemandu di stand pameran yang digelar di Grand City, Surabaya.

"Jika Anda ingin mencari informasi mengenai studi di Eropa, tujuan wisata atau untuk menambah wawasan, datanglah dan berkunjung ke pameran Destination Europe ini. Karena melalui pameran ini Anda bisa mendapatkan pengalaman tentang keanekaragaman benua Eropa," kata Olof, Sabtu, 14 Februari 2015.

Menanggapi itu, Saifullah mengaku senang dengan kehadiran Olof. Dia menyebut, Uni Eropa tidak salah melirik Surabaya atau Jawa Timur sebagai rujukan tawaran berbagai program, termasuk paket perjalanan wisata.

"Karena ekonomi Jawa Timur menunjukkan pertumbuhan yang cukup bagus," kata Saifullah.

10 Destinasi Wisata Ini Bakal Saingi Bali?

Dikatakan dia, pada ‎2014, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur tercatat sebesar 5,86 persen, di atas pertumbuhan ekonomi nasional 5,02 persen. ‎Pada periode yang sama, tingkat inflasi sebesar 7,77 persen, sedangkan nasional 8,36 persen. Jumlah PDRB pada 2014 mencapai Rp1.540,7 triliun. 

Selain itu, Gus Ipul sapaan akrab Saifullah mengaku senang dan menawarkan acara serupa bisa digelar setiap tahun. Dan tawaran Eropa harus dibarengi pemberian kemudahan, termasuk kepada para pelaku bisnis‎. Serta program alih teknologi yang bisa dipakai di Jawa Timur.

"Kami mendukung, tetapi juga harus dibarengi adanya kemudahan. Tidak hanya untuk pelaku bisnis, tetapi juga untuk keperluan lain, termasuk alih teknologi yang bisa diterapkan di Jawa Timur," katanya.

Delegasi yang datang, dipimpin Duta Besar Uni Eropa Olof Skoog. Ada juga Duta Besar Austria Andreas Karabaczek, dari Belgia, Patrick Hermann. Republik Ceko, Tomáš Smetánka. Irlandia, Kyle O'Sullivan, serta Polandia, Tadeusz Szumowski.

Dalam ‎rangkaiannya, juga digelar seminar perdagangan untuk para pengusaha, dengan topik "Potensi Kemitraan Ekonomi dan Upaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Meningkatkan Hubungan Bisnis". (art)

Baca juga:

Demi Datangkan 20 Juta Wisman, DPR Siapkan Dana Triliunan?
Peluncuran Paket Wisata Maumere

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia

Ada serangkaian acara yang akan diadakan di Maumere.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016