Raup Omzet Puluhan Miliar dari Wisata Gajah

Wisata gajah
Sumber :
  • tvOne/Taufik Hidayat

VIVA.co.id - Indonesia kaya dengan sejumlah lokasi wisata alam yang indah dan mengundang perhatian para wisatawan domestik dan mancanegara.

Di Langkat, Sumatera Utara, wisata air dan wisata gajah di Tangkahan bisa menghasilkan omzet hingga mencapai puluhan miliar per tahunnya dengan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai lebih dari 600 orang.

Sayangnya, akses jalan ke lokasi wisata ini masih belum terawat dan masih memerlukan bantuan pemerintah untuk segera membangunnya.

Lokasi wisata Tangkahan berada di Desa Namu Sialang, Kecamatan Batang Sarangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini merupakan salah satu lokasi wisata yang menjadi tujuan bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Selain menawarkan keindahan alam dan airnya yang masih alami, wisata Tangkahan juga menawarkan wisata gajah.

Para pengunjung bisa memanfaatkan berwisata dengan menunggang gajah, memandikan gajah, hingga dimandikan gajah.

Seperti yang dilakukan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho. Di sela waktu luangnya, Gatot didampingi sejumah kepala dinas dari Provinsi Sumatera Utara dan wakil bupati Langkat, menyempatkan diri meninjau langsung wisata gajah ini.

Gatot dengan menunggang gajah yang diberi nama Theo, langsung menuju lokasi sungai yang tak jauh dari lokasi penangkaran. Setibanya di sungai, hewan yang tergolong berbadan besar ini langsung masuk ke dalam sungai dan mandi di aliran sungai yang terdalam.

Didampingi sang pawang, Gatot dan wakil bupati ikut memandikan gajah. Gatot menyatakan terima kasih ke warga Langkat, yang telah memberdayakan alam sekitar dan gajah untuk menjadi salah satu lokasi wisata di Sumatera Utara.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata, ada 675 wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi wisata ini.

Dia mengatakan, pemerintah Sumatera Utara segera membangun akses jalan, agar di lokasi wisata air dan gajah ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. (art)

Rumah Sakit Gajah Pertama di Asia Ada di Lampung

Laporan: Taufik Hidayat

Baca juga:



Keseruan Memandikan Gajah di Tangkahan

Liburan Tragis, Pria Ini Mati Diinjak Gajah Thailand

Suasana liburan Gareth Crowe berubah jadi duka.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2016