REI Optimis BI Rate Sesuaikan Bunga KPR

Perumahan.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id -
Pentingnya Investasi Properti Sejak Muda, Ini Alasannya
Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI), Eddy Hussy, meyakini perbankan segera menurunkan bunga Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Hal ini untuk menyesuaikan penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) yang diturunkan pekan ini.
Hindari Hal Ini Ketika Beli Rumah Pertama Kali

Kepada
Beli Rumah Impian Meski Penghasilan Terbatas
VIVA.co.id , Eddy mengungkapkan, penurunan suku bunga KPR tersebut harus secara otomatis dilakukan pihak perbankan. Diklaim, tanda-tanda bahwa perbankan akan melakukan penyesuaian telah diketahui para pengusaha properti.


"Kami lihat belakangan ini bank sudah mulai. Ada yang coba bagaimana menurunkan bunga banknya. Tentu ini hal yang baik karena kalau suku bunga itu pengaruhnya terhadap properti sangat tepat," ujarnya akhir pekan ini.


Dia menjelaskan, bunga KPR yang dipatok perbankan merupakan instrumen penting dalam bisnis ini. Hal tersebut merupakan salah satu instrumen pemikat bagi para calon konsumen yang memutuskan untuk membeli properti yang ditawarkan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Karena itu dia berharap bisa segera direalisasikan oleh pihak perbankan.


"Suku bunga lebih rendah dari properti, itu daya belinya akan meningkat. Tapi, kami harus lihat berapa besar penurunannya itu," tambahnya.


Terkait dengan target-target kinerja sektor properti, khususnya mengenai pengembangan hunian yang ditargetkan oleh REI, dia mengaku belum dievaluasi.


"Kami sih ingin bunga bank itu semakin rendah semakin baik, tapi berapa besar? Karena penurunan 25 BPS itu kita belum tahu, berapa besar akan disesuaikan," ungkapnya. (one)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya