Pemerintah Usulkan Biaya Haji Turun US$100 di 2015

Tiba di Tanah Air, Rombongan Jamaah Haji Sujud Syukur
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Pemerintah mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1436H/2015M turun dari tahun sebelumnya sebesar US$100 kepada DPR RI. Untuk diketahui, pada 2014, raya-rata BPIH mencapai US$3.219.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengusulkan biaya haji tahun ini US$3.193. "Itu sudah turun dari tahun yang lalu, karena memang harga bahan bakar kan turun,” kata Lukman dalam keterangannya yang dikutip dari Setkab.go.id, Senin 23 Februari 2015.

Dengan demikian, dia berharap bahwa semakin menguat menjelang pelaksanaan haji sehingga BPIH bisa turun lagi dan beban jamaah tidak terlalu besar. Berdasarkan catatan VIVA.co.id, rupiah melaju naik tipis pada perdagangan hari ini ke level Rp12.813 per dolar AS, atau menguat 36 poin.

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki

Terkait DPR yang sedang memasuki masa reses, Lukman mengaku sedang menjalin komunikasi dengan ketua komisi dan ketua panja BPIH tentang kemungkinan dilanjutkannya pembahasan BPIH sehingga bisa lebih cepat.

"Kalaulah ternyata tidak karena setiap anggota dewan juga kembali ke daerah pemilihannya masing-masing, ya target kita bulan April ini sudah bisa diselesaikan (BPIH)," tambahnya. (one)

Baca juga:

Jemaah haji dari Embarkasi Surabaya

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim

Dua calon haji asal Pamekasan harus menunggu putusan pengadilan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016