Pasangan di China Kaya Raya Berkat Bisnis Ini

Ilustrasi mata uang China yuan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Pasangan suami istri dari Guangdong, China Selatan, telah muncul menjadi miliarder yang baru di bidang industri pendidikan online.

Dikutip dari laman Forbes, Senin, 16 Maret 2015, jumlah kekayaan yang dimiliki oleh pasangan suami istri Chen Chichang (44) dan Lin Xiaoya (42) saat ini mencapai US$1,1 miliar setelah saham Guangdong Qtone Education menguat 10 persen per hari.

Dalam satu terakhir saham perusahaan pendidikan online itu telah melonjak 500 persen, setelah perusahaan tersebut melakukan berbagai ekspansi di bisnis pendidikan online.

Situs web Qtone takni www.qk100.com menawarkan platform komunikasi layanan pendidikan untuk sekolah, siswa, dan keluarga. Perusahaan mengatakan, saat ini sekitar 25 juta keluarga dan 8 ribu sekolah telah menggunakan layanan pendidikan online itu.

Qtone pada tahun lalu mencatatkan keuntungan US$7,9 juta dengan pendapatan US$31 juta. Tahun ini, perusahaan itu juga telah mengumumkan akan mengakuisisi perusahaan yang berhubungan dengan bidang pendidikan sebesar US$181 juta. Tetapi, transaksi pembelian itu masih tertunda.

Chen dan Lin diketahui memiliki 47,9 persen saham Qtone. Menurut perkiraan Forbes jumlah kekayaan mereka dijamin dengan saham yang mereka miliki.

Seperti diketahui, saat ini China merupakan salah satu sumber miliarder baru yang berkembang pesat di dunia dalam satu dekade terakhir. Negara ini menempati posisi kedua jumlah miliarder terbanyak setelah Amerika Serikat pada daftar miliarder 2015 yang baru-baru ini dilansir.

Qtone menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di pendidikan online. Pesaing lainnya ada TAL Education milik miliarder Zhang Bangxin dan New Oriental Education, milik miliarder Yu Minhong.

Chen memutuskan memasuki bisnis keluarga di bidang layanan pendidikan pada 2003. Sebelumnya dia ikut mendirikan perusahaan pendahulu Qtone pada 2005. Sedangkan Lin adalah pendiri dan direktur di Qtone.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Baca juga:

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Ilustrasi, anak-anak kini menjadi incaran pemerkosa.

Mantan Menteri Pendidikan Galakkan Pendidikan Online

Mengelola IndonesiaX, platform pendidikan online gratis.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2015