Pertamina Siap Laksanakan Kewajiban Biofuel 15 Persen

Kunjungan Komisi VII DPR ke Pertamina
Sumber :
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
- PT Pertamina (Persero) menyatakan siap menjalankan kewajiban dari pemerintah untuk meningkatkan pemakaian biofuel. BUMN ini mengklaim telah mempersiapkan fasilitas untuk pencampuran BBN ke solar.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

"Pertamina siap saja," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, ketika dihubungi VIVA.co.id, pada Senin 16 Maret 2015.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina, Wianda A. Pusponegoro, juga mengatakan bahwa perusahaan pelat merah itu siap untuk melaksanakan mandatori pemerintah. Infrastruktur pencampuran biofuel sudah disiapkan Pertamina.

"Kami siapkan fasilitas-fasilitas blending di terminal-terminal BBM. Itu hampir semua sudah bisa melakukan blending untuk masuk ke dalam biosolar," kata Wianda kepada wartawan di Jakarta malam ini.

Mantan sekretaris perusahaan Pertagas ini mengatakan bahwa pemerintah menargetkan penyerapan biosolar sebesar 4,6 juta KL per tahun. Tapi, yang terjadi yang adalah penyerapan biosolar pada 2014 lebih rendah dibandingkan dengan target pemerintah, yaitu 1,45 juta KL.

"Tahun 2015 kami memprediksi penyerapannya lebih rendah karena memang kondisinya belum semua yang pengguna solar yang beralih ke biosolar," kata dia.

Dengan adanya ketentuan peningkatan biofuel 15 persen iini, Pertamina mengharapkan konsumsi bio solar bisa meningkat. "Dengan ketentuan ini, harapan kami bisa luas diterapkan kepada pengguna solar. Jadi, tingkat penyerapannya bisa meningkat secara bertahap dan sesuai dengan harapan pemerintah, yaitu 4.6 juta KL per tahun," kata dia. (ren)

![vivamore="
Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya