Indomobil Finance Masih Berhitung Biayai Sektor Maritim

Rupiah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Amankan Laut Sulu, Tiga Negara Sepakat Kerja Sama
- PT Indomobil Finance masih berhitung untuk memberikan pembiayaan di sektor maritim. Meskipun diakui potensi pengembangannya sangat besar di masa depan. 

BPPT Kini Fokus Pada Industri Perkapalan
Presiden Direktur PT Indomobil Finance, Jusak Kertowidjojo di Jakarta, Senin 23 Maret 2015, mengungkapkan bahwa saat ini infrastruktur dan mekanisme kerja pelaku usaha sektor kemaritiman belum berkembang.

17 Negara Sepakat Jaga Keamanan Kawasan Perairan
Hal tersebut, menjadi salah satu alasan mengapa penyaluran kredit di sektor ini masih minim. "Maritim menjanjikan, tetapi kan cuma industrinya. Infrastruktur dan manajemen pelaku maritim bagaimana?" ujarnya. 

Menurutnya, program pengembangan sektor maritim oleh pemerintahan baru saat ini belum berjalan maksimal. Sehingga, belum ada perbaikan signifikan di sektor tersebut, baik dari sisi infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM).

Ia mencontohkan, dari sisi infrastruktur misalnya, belum ada fasilitas pendingin ikan yang memadai di sentra-sentra penangkapan Ikan. Selain itu, dari sisi keuangan, sistem pembukuan yang lakukan para nelayan dalam mengelola kuangannya masih belum tertata dengan baik. 

Kedua hal itu, menurutnya, penting untuk memastikan kredit macet di sektor ini tidak membengkak. "Kami dalam tahap mempelajari. Besar sekali (potensinya). Tetapi, kami belum mengerti belajarnya masih tahap awal," tegasnya. 

Kata dia, peran pemerintah memberikan edukasi pada nelayan, atau pelaku usaha di sektor kelautan perlu ditingkatkan. "Kamu tanya juga ke pemerintah, belajarnya sejauh mana? Sehingga, pelaut punya income yang banyak. Masalahnya, orang bisa mancing belum tentu bisa manage," ujarnya Jusak. (asp)


[vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya