Kebijakan Ekonomi Banyak Tak Tepat, Ketua MPR Temui Jokowi

Pimpinan MPR Kumpul Dirumah Dinas Jokowi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan mengatakan kinerja tim ekonomi pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla tidak efektif. Terkit itu, Zulkifli telah memberikan masukan langsung kepada Presiden Jokowi.

"Soal ekonomi ini memang kemarin saya berkunjung ke Pak Presiden. Saya menyampaikan, pertama Pak Presiden saya katakan hati-hati mengenai nilai tukar. Kedua mengenai harga-harga, terutama beras," kata Zulkifli di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 28 April 2015.

Ia menjelaskan, masukan kepada Presiden merupakan hasil dari kunjunganya ke berbagai daerah. Kata Zulkifli, saat ini banyak sekali masyarakat yang mengalami kesulitan hidup.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

"Kesulitan untuk kehidupan sehari hari, terutama untuk beli beras. Jadi mau makan saja masyarakat sulit," kata Ketua Umum PAN itu.

Naiknya harga bahan pokok hingga sulit dijangkau masyarakat, kata Zulkifli, disebabkan kebijakan ekonomi yang tidak tepat. Kondisi ini berdampak pada meningkatnya jumlah masyarakat miskin.

"Sekarang ini kalau kita keliling ke desa desa itu banyak sekali rakyat yang tadinya mendekati miskin menjadi miskin akibat kenaikan harga harga," kata Zulkifli.

Mantan Menteri Kehutanan itu mengusulkan Presiden untuk memperkuat keamanan sosial. "Jadi social safety perlu sekali. Ini menjadi titik perhatian. Fokus kita sekarang itu. Bantuan negara terhadap masyarakat sangat penting," katanya.

Kondisi saat ini disebabkan oleh kebijakan tim ekonomi yang kurang tepat. Presiden harus melakukan evaluasi kabinet. Karena dengan kabinet dan kebijakan yang baik, kondisi tidak stabil ini bisa menjadi stabil.

Terkait reshuffle kabinet, Zulkifli enggan berkomentar. Reshuffle merupakan hak preogatif presiden. (ase)

toko di pasar Senen

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

Hanya fenomena politik jelang pilkada.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016