BTN Siapkan 5 Hal Dukung Program Sejuta Rumah

Investor Summit 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Hindari Hal Ini Ketika Beli Rumah Pertama Kali
- PT Bank Tabungan Negara Tbk menyatakan kesiapannya untuk mendukung program sejuta rumah yang ditetapkan dalam pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Tata Ruang Pemda Bantu Jaga Harga Rumah Murah

Maryono, Direktur Utama BTN, mengatakan sejak awal, BTN sudah menyatakan bahwa program perumahan nasional memerlukan dukungan banyak pihak. BTN siap memberikan dukungan tersebut.
Mekanisme Pasar Kerek Kenaikan Harga Rumah Murah


"Kami telah menyiapkan program lima SIAP untuk bagaimana program sejuta rumah ini dapat terealisasi. Baik itu kesiapan dari sisi SDM, teknologi, proses bisnis, pendanaan, dan
supply
rumah," ujar Maryono, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu 29 April 2015.


Maryono menjelaskan, BTN telah menyiapkan pemenuhan kapasitas dan kompetensi SDM pemroses kredit, baik itu subsidi maupun non subsidi meliputi tenaga analis,
loan marketing
,
loan service
dan
loan administration
.


"Kami juga telah meningkatkan kapasitas teknologi informasi melalui sistem aplikasi kredit yang terintegrasi. BTN juga sudah melakukan percepatan pelayanan dan proses kredit secara fokus, baik untuk KPR subsidi maupun KPR non subsidi," ujarnya.


Dia menjelaskan, BTN juga menambah jaringan pelayanan dan proses kredit melalui Griya KPR BTN yang menjadi kepanjangan tangan kantor layanan BTN di daerah-daerah. Menurutnya, BTN sudah melakukan beberapa alternatif dana pendamping untuk mendukung program sejuta rumah tersebut.


"Walaupun pemerintah menyiapkan alokasi dana untuk program ini, karena kapitalisasinya pasti besar, maka kami juga sudah menyiapkan alternatif pendanaannya," ungkapnya.


Menurutnya, untuk mendukung kesiapan rumah di lapangan, BTN siap dengan supply rumah yang dibutuhkan. Dia menambahkan, BTN telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 3.000 pengembang perumahan seluruh Indonesia untuk membiayai lebih dari 600.000 unit KPR. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya